Bikin Kamu Kaya
Ada baiknya uang gaji yang kamu dapatkan tidak lantas kamu habiskan untuk hal yang kurang penting. Dengan disiplin mengatur uang gaji, hal itu bisa bikin kamu kaya. (Foto: Istimewa)

Sabigaju.com – Gajian adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh para pekerja di seluruh dunia, termasuk orang-orang Indonesia.

Biasanya sehabis mendapat gaji, mayoritas dari kita merasa banyak uang, dan kemudian menjadi boros maksimal, apalagi bila gajian di hari Jumat yang otomatis kamu langsung dihadapkan pada berbagai aktifitas hedon akhir pekan.

Yup, tanggal gajian bagi seorang karyawan adalah puncak kebahagiaan dari semua tanggal yang ada. Suasana hati yang awalnya keluh kesah dan harap-harap cemas berubah drastis menjadi sosok dengan aura positif dan penuh kebahagiaan.

Nah mumpung baru gajian ada beberapa hal penting banget untuk kamu perhatikan. Yakni, jangan sampai uang gaji kamu habis begitu saja hanya untuk memuaskan keinginan semata. Asal kamu rutin melakukannya, adas lima hal yang bikin kamu kaya pas gajian.

BACA JUGA:

 

1. Waktunya Bayar Utang dan Menabung

Segera alokasikan gajimu untuk membayar utang dan cicilan. Selanjutnya kamu sisihkan gaji untuk ditabung.

Kalau kebiasaan menabung ini dilakukan setiap bulan, pundi-pundi hartamu akan terus meningkat setiap bulannya.

2. Belanja Hal yang Dibutuhkan

Berbelanja dengan daftar kebutuhan bisa menghemat 20-25 persen pengeluaran dari pada tanpa daftar belanja.

Selain itu, daftar belanjaan akan memudahkan kamu belanja sesuai kebutuhan dan tidak membeli barang yang tidak perlu.

3. Jatah Mingguan dan Hindari ATM

Jika kamu ingin uang gaji yang kamu dapatkan bikin kamu kaya, mulai sekarang kamu mesti  tidak sering-sering mendatangi ATM untuk mengambilnya.

Siapkan uang tunai dalam dompet untuk kebutuhan mingguan. Misalnya nih, dalam seminggu kamu tidak boleh menghabiskan uang lebih dari Rp500 ribu.

Ingat! Kuatkan diri dari godaan untuk memakai kartu kredit atau debet saat berbelanja. Jadinya, nanti tidak akan tergoda membeli barang yang tidak diperlukan.

4. Buat Jadwal Liburan

Liburan itu penting sekali bagi para pekerja, selain bisa melepas kepenatan dan stress, liburan juga bisa membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja dan mencari uang lebih keras.

Dengan memiliki rencana liburan, kita akan menjadi orang yang lebih disiplin untuk mengatur keuangan. Semangat dan kebiasaan yang baik ini tentu jadi jalan untuk bikin kamu kaya.

5. Bersyukur dan Bersedekah Bikin Kamu Kaya

Agar uang gajian bikin kamu kaya, selalu bersyukur dan bersedekah nih. Sesungguhnya dari bersedekah dengan niat ikhlas banyak manfaat langsung dapat dirasakan di dunia.

Agar gaji yang kamu terima menjadi berkah, jangan lupa sisihkan paling tidak 2,5 persen gaji untuk bersedekah. Selain itu dengan bersedekah kamu merasa lebih berguna, bukan untuk diri sendiri melainkan juga orang lain. (Sbg/Rig)

Comments