bangkrut
Mungkin tanpa kamu sadari ada beberapa hal bisa membuat kondisi keuanganmu menjadi bangkrut usai merayakan Hari Natal.

Sabigaju.com – Hari ini umat kristiani di seluruh dunia tengah bergembira merayakan Hari Natal. Dalam merayakan Hari Natal biasanya banyak orang punya kebiasaan belanja lebih banyak barang untuk hadiah, makanan, pernak-pernik hingga baju.

Nah Jika tidak waspada, Hari Natal bisa berdampak serius bagi keuangan pribadi kamu.bahkan bisa menyebabkan kamu bangkrut

Kali ini Sabigaju mau kasih informasi tentang empat hal yang tanpa kita sadari bisa membuat bangkrut keuangan  usai merayakan Hari Natal.

BACA JUGA:

1. Beli Kado Tanpa List

Satu hal yang harus kamu lakukan agar tidak bangkrut adalah jangan pernah pergi ke mal ataupun supermarket tanpa daftar belanja. Sebab kamu bisa jatuh ke dalam jebakan taktik marketing.

Maklum, pada saat Natal, biasanya pusat perbelanjaan akan berusaha memperoleh penjualan setinggi mungkin. Jika tergoda, bisa bisa tagihan kartu kredit setelah natal akan membengkak.

2. Belanja Bersama Teman yang Boros

Ada baiknya, jika kamu pergi berburu kado natal jangan bersama dengan orang yang boros, Sebab hal itu bisa membuat kamu menjadi sangat mudah untuk jatuh dalam jebakan kompetisi belanja. Ingat! Orang di sekitar kita sangat bisa mempengaruhi gaya belanja.

Oleh karenannya, sebelum pergi ke supermarket, pilih-pilih dulu teman yang akan kamu ajak. Kalau bisa ajak mereka yang lebih bijak dan suka memberi masukan positif.

3. Jangan Beli Makanan Terlalu Banyak

Biasanya saat menyambut Hari Natal, banyak orang yang belanja makanan menggunakan emosi. Mulai dari cokelat, permen, kue kering cake hingga masakan dibeli tanpa mempertimbangkan berapa banyak makanan yang dibutuhkan. Akhirnya, banyak makanan terpaksa dibuang karena basi.

4. Terlalu Banyak Membeli Pernak-Pernik Hari Natal

Semakin meriah lampu dan dekorasi Natal, semakin semarak juga suasana Natal di rumah kita.

Dan biasanya, lampu-lampu Natal ini terus menyala berhari-hari tiap malamnya hingga perayaan berlalu.

Semakin besar pula tagihan listrik yang harus kita lunasi pada bulan berikutnya.

5. Memberi Uang Tip Terlalu Banyak

Saat hari Natal biasanya Orang yang sedang berada dalam perasaan senang dan gembira dan lebih murah hati bahkan royal.

Seringkali tanpa akal sehat kita memberi tip terlalu banyak di restoran maupun tempat-tempat lain. Padahal itu adalah salah satu kebiasaan yang dapat membuat kamu bangkrut.

Bahkan, saking murah hati tanpa landasan, kita juga memberi tip pada mereka yang sebenarnya tidak perlu dikompensasi.

Alangkah lebih baik jika uang tip atau bonus diberikan kepada orang-orang terdekat saja seperti pembantu rumah, sopir, tukang kebun atau penjaga rumah/ lingkungan.

Nah, itu tadi empat hal yang bisa bikin kamu bangrut usai merayakan Hari Natal. Ingat! Bijaklah dalam menggunakan uang kamu saat merayakan Hari Natal. Selamat merayakan Hari Natal 2018. (Sbg/Rig)

Comments