bahagia

Sabigaju.com – Banyak orang mengatakan bahwa bahagia itu bukan dicari, namun diciptakan. Terkadang penyataan ini benar adanya. Hidup lebih bahagia bisa didapatkan dengan hal-hal sederhana. Salah satunya adalah menyediakan waktu untuk diri sendiri, berkumpul dengan orang-orang yang tepat, dan melakukan hal-hal baik.

Seperti apa sih detail kegiatan sederhana yang bisa membuat hidup lebih bahagia? Yuk simak cara hidup lebih bahagia ala Sabigaju!

1. Dimulai dari makanan

Makanan dengan nutrisi yang baik akan membuat badan lebih sehat. Dengan badan yang sehat, akan lebih mudah untuk membuat jiwa kita merasa lebih bahagia. Atau kalaupun Anda mengalami stress, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah memperbaiki pola makan, bukan malah ‘melarikan diri’ dengan memakan apapun yang Anda inginkan.

Istilah ‘you only live once’ yang melegitimasi kebanyakan dari kita untuk memakan apapun yang ingin kita makan memang tidak salah. Seimbangkan saja dengan memakan makanan yang nutrisinya pas.

Misalnya, Jika Anda sadar pada hari ini sudah kebanyakan makan santan, gorengan, atau gula, maka perbanyak minum air putih, dan tutup hari Anda dengan mengonsumsi buah saja sebagai makan malam. Atau misal seharian Anda merasa terlalu banyak konsumsi protein, maka pada jam makan berikutnya perbanyak sayur. Sadari pada hari itu nutrisi apa yang belum Anda dapatkan.

Mengurangi konsumsi karbohidrat juga sangat membantu agar badan lebih fit. Karena karbohidrat cenderung membuat pencernaan bekerja lebih keras, sehingga badan cepat merasa lemas, padahal dalam keadaan kenyang. Mengurangi konsumsi karbohidrat membuat Anda lebih lincah, tapi harus diseimbangkan dengan menambah asupan nutrisi lain.

2. Bergerak

Anda tidak punya waktu olahraga? Maka perbanyak berjalan. Jika dalam jarak pendek, berjalan kakilah menutu tempat tujuan. Atau sesimpel lebih memilih naik tangga daripada naik lift, naik eskalator ketika di mall daripada naik lift, atau apapun yang bisa Anda lakukan untuk tetap banyak gerak.

Lebih baik lagi jika Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga minimal dua kali dalam satu minggu. Setelah berolahraga, Anda akan merasakan efek endorfin yang dihasilkan, membuat Anda merasa lebih bahagia. Jika Anda stress, olahraga adalah cara terbaik untuk mengeluarkan energi negatif, dan menenangkan diri dengan endorfin yang dihasilkan setelahnya.

3. Bersyukur

Masalah akan terus ada. Dan mungkin, kebanyakan dari kita akan berfokus terhadap masalah dan apa yang kurang dari kehidupan ini, ketimbang memikirkan betapa beruntungnya Anda memiliki beberapa hal kecil dalam hidup. Bersyukurlah bahwa Anda memiliki tempat tinggal, bersyukurlah untuk makanan yang Anda nikmati, bersyukurlah untuk pekerjaan yang Anda miliki, atau bahkan untuk pasangan, teman dan keluarga yang ada di samping Anda.

Bersyukur akan membuat Anda menyadari bahwa hidup Anda telah sangat diberkahi, dan pasti bisa melewati apapun masalah yang ada di depan Anda dengan semua yang Anda miliki saat ini.

4. Berbuat baik

Berbuat baik kepada orang lain, sesederhana tersenyum kepada orang asing, membantu teman kantor, membagi masakan kepada tetangga, atau kebaikan sederhana lainnya, akan membuat Anda berbahagia.

Lakukanlah paling tidak satu kebaikan kepada orang lain dalam satu hari. Lakukan setiap hari, maka Anda akan merasa sangat berarti dan lebih bahagia.

5. Be positive

Menjadi orang positif memang terkadang tidak mudah, tapi patut dicoba. Dengan bersikap dan berpikir positif, Anda akan mempunyai energi yang menyenangkan. Orang-orang di sekitar Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman dengan keberadaan Anda, ketimbang jika Anda terus merasa khawatir, apalagi berujung dengan mengeluh kepada orang-orang di sekitar Anda.

Mengeluh boleh saja, tapi jika Anda terus-terusan mengeluh, maka orang-orang di sekitar Anda akan merasa lelah, sehingga hal tersebut mempengaruhi sikap mereka kepada Anda. Ketika sikap orang-orang di sekitar tidak nyaman, hal ini membuat Anda semakin khawatir. Akhirnya menjadi lingkaran setan yang tidak ada habisnya.

Jadi berikan energi postitif kepada orang-orang di sekitar Anda, sehingga mereka juga akan memberikan feedback yang positif kepada Anda (Sbg/Ldr)

 

Comments