(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Seyogyanya kegiatan membersihkan badan alias mandi, dilakukan di pagi atau sore atau, kedua waktu tersebut dalam sehari. Namun rupanya tak sedikit orang yang melakukan mandi di malam hari

Padahal mandi seharusnya dilakukan saat pagi dan sore.  Sebab menurut Profesor Dermatologi dari Yale School of Medicine, Mona Gohara, MD,  mandi di saat pagi hari ataupun sore akan memungkinkan kita untuk bermeditasi / menyegarkan seluruh tubuh sebelum akhirnya memulai hari panjang kita (baca: refresh kondisi).

Nah,  seringkali kita menganggap bahwa mandi malam hari hanya memiliki efek kerugian kedinginan saja.

Padahal, mandi di malam hari memiliki efek kerugian yang jauh lebih mengerikan dari hanya sekedar kedinginan saja. Dan berikut, adalah 5 dampak mengerikan akibat terlalu sering mandi malam.

BACA JUGA: Mandi Air Hangat atau Air Dingin? Keduanya Memiliki Manfaat Berbeda 

1. Ancaman Rematik

Seringkali kita mendengar orang tua atau nenek kita menasehati bahwa sering mandi malam, lama-lama bisa membuat badan kita menjadi rematik.

Namun sayangnya sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa dan bagaimana caranya mandi di malam hari ini bisa menyebabkan penyakit radang persendian ini. Satu hal yang pasti, apabila kita sudah lama atau memang sedang menderita rematik, kita sangat tidak dibolehkan untuk mandi malam hari.

Apalagi kalau saat mandi di malam hari menggunakan air dingin. Pasalnya mandi air dingin bisa makin memperparah kondisi. Apabila memang harus mandi di malam hari, sebaiknya gunakan air hangat.

BACA JUGA: Langkah Jitu Mengantisipasi Bad Mood Usai Pulang Kerja

2. Meningkatnya Asam Urat

Yap benar banget. Sering mandi di malam hari bisa membuat level asam urat di dalam tubuh meningkat tajam. Dan apabila hal tersebut terjadi, otOmatis kita pun akan langsung menderita encok / linu yang tajam sepanjang malam.

3. Nyeri Otot Akut

Selain encok, mandi malam juga bisa menyebabkan nyeri otot akut. Dan sama seperti di dua poin pertama di atas, umumnya gangguan ini timbul apabila kita mandi menggunakan air dingin.

BACA JUGA: 

Kece Banget! Member Girls Squad Foto Bareng di Kamar Mandi 

Mengapa gangguan kesehatan ini bisa terjadi? Jawabannya, ketika kita mandi menggunakan air dingin, air masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori.

Dan seperti kita tahu, pori-pori bisa memberikan rangsangan / sensasi yang sangat tajam ke seluruh otot kita.

4. Flu Beserta Demam Tinggi

Inilah penyakit “pasaran” yang seringkali diderita banyak orang setelah mandi di  malam hari. Dan tentunya lagi-lagi kita menjadi bertanya, mengapa kita seringkali mengalami ini?

BACA JUGA: Kontroversi Cover Album Pusha T di Kamar Mandi Whitney Houston

Simpel saja guys. Ketika malam hari tiba, tubuh kita pada dasarnya harus beristirahat. Selain itu yang perlu dicatat benar-benar, di malam hari, suhu tubuh kita cenderung panas. Hal ini tentunya disebabkan oleh udara malam yang umumnya juga bersuhu panas,

Dengan suhu tubuh yang masih panas ini, tiba-tiba kita “menghajar” dengan guyuran air dingin.  Hal ini akan membuat kekebalan tubuh menjadi menurun yang otomatis, membuat seluruh virus (termasuk flu) gampang masuk ke dalam tubuh kita.

5. Penuaan Dini

Ketika kita mandi di malam hari menggunakan air dingin, pada dasarnya hal ini akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh spesifiknya, metabolisme lemak tubuh.

BACA JUGA: Manfaat Hebat Olahraga di Malam Hari yang Bikin Cowok Makin Sehat

Dan ketika metabolisme lemak sudah terganggu, alhasil hal ini akan membuat kulit menjadi lebih cepat berkeriput. Jadi, kalau memang tidak ingin cepat tua, STOP mandi malam ya! (Sbg/Mrv)

Comments