Menghemat Duit
Biasanya waktu pertengahan bulan banyak cowok yang mulai mengeluhkan kondisi keuangan bahkan tak sedikit yang menyesal tidak menghemat duit gaji bulanan mereka. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Di saat waktu pertengahan bulan seperti saat ini biasanya banyak cowok yang mulai mengeluhkan kondisi keuangan.  Tak sedikit  juga yang menyesalkan mengapa mereka tidak menghemat duit gaji yang telah mereka habiskan.

Padahal, saat kita bicara keuangan bulanan alias cash flow, sebenarnya sangat simple, karena hanya ada 2 komponen besar dari cash flow alias perputaran keuangan bulanan, yaitu pendapatan dan pengeluaran.

Nah, yang menjadi permasalahan adalah kebanyakan orang pendapatannya alias sumber pendapatannya hanya ada 1 yaitu gaji bulanan, sementara daftar pengeluarannya bisa sampai 2-3 halaman.

Bahkan saking banyaknya daftar pengeluaran bulanan sampai-sampai kamu sendiri sudah tidak tahu jenis pengeluaran bulanan apa yang kamu miliki.

Nah Kali ini Sabigaju mau bagi tips buat  para cowok untuk menghemat  duit Bulanan kamu. Simak yah!

BACA JUGA:

 

1.  Membuat Anggaran Bulanan

mulailah kebiasaan membuat anggaran keuangan. Mengapa? Dengan anggaran ini, Anda akan mengetahui pengeluaran Anda, berapa yang akan Anda habiskan pada pos-pos pengeluaran.

Dengan mencatat anggaran bulanan maka kamu akan mengetahui mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan.

Jangan lupakan kamu harus mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari , supaya kamu tahu kemana saja uang kamu habisnya.

dengan begitu  kamu pun bisa mengontrol pengeluaranmu jika digabungkan dengan anggaranmu. Dengan memperhatikan anggaran kamu tentunya bakal semakin hemat dan bijaksana dalam mengeluarkan uangmu.

2. Bawa Makanan dan Minuman dari Rumah Bisa Menghemat Duit

Makan siang dan jajan plus cemilan sehari-hari memakan porsi yang cukup besar dari pengeluaran bulanan dibandingkan dengan makan malam di rumah.

Mengapa demikian? Karena makanan yang setiap hari anda beli itu biasanya harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan makanan yang anda masak sendiri sehari-hari.

Nah, bila kamu memasak dan membawa makanan/masakan dari rumah ke kantor, beserta cemilannya, maka anda dengan mudah bisa menghemat biaya makan siang dan cemilan yang selama ini kamu keluarkan.

3. Berhenti Merokok

Ide menghemat duit bulanan ini pasti sangat ditentang bagi para perokok berat. Padahal bila kamu hitung dengan seksama, kamu bisa kaget melihat berapa besar biaya yang bisa kamu hemat per bulan dan per tahunannya.

Apalagi bila anda seorang perokok berat yang bisa menghabiskan beberapa bungkus rokok per harinya.

Berhenti merokok adalah cara paling pas buat menghemat dan hidup sehat. Matikan rokok mu.

4. Kurangi Pengeluaran Saat Hangout

Nongkrong di kafe telah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan modern. Tidak hanya untuk menikmati sajian, kamu bisa menulis, meeting, hingga diskusi di kafe.

Agar bisa menghemat duit bulanan dan tidak mengeluarkan banyak uang, kamu bisa mencoba cara ini. Misalnya, dengan mengisi perut dari rumah sebelum berangkat ke kafe. Nanti, kamu hanya cukup membeli camilan dan minuman dengan harga murah.

Dengan cara ini, kamu bisa menghemat uang

5. Hindari Penarikan Uang di ATM Berbeda

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk menghemat duit bulanan sebab saat kamu mengambil uang dari mesin ATM yang berbeda dengan bank tempat kamu menabung, itu membuat kamu lebih boros.

Jika untuk sekali penarikan tunai saja Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500 ribu, lalu sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan? Terus berapa banyak uang yang habis jika kamu menarik uang dari mesin ATM yang berbeda lebih dari lima kali dalam sebulan?

Kamu mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengontrolnya lantaran biaya potongan tersebut tidak tercantum pada struk, sehingga kamu juga tidak akan menyadarinya secara langsung.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari menarik, mentransfer, dan bahkan mengecek saldo dari mesin ATM yang berbeda dengan kartu ATM kamu untuk menghemat duit bulanan. (Sbg/Rig)

Comments