Dompet menipis
Banyak orang mengalami kondisi dompet menipis lantaran banyaknya pengeluaran keuangan yang terjadi saat libur panjang tahun baru. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang saat ini mengalami kondisi dompet menipis lantaran banyaknya pengeluaran keuangan saat momen liburan tahun baru.

Walau merupakan momen menyenangkan yang banyak di rayakan orang tak sedikit orang di awal tahun ini yang harus mengalami mimpi buruk lantaran kondisi dompet menipis.

Lalu, bagaimana menyiasati dompet menipis ketika liburan telah usai? Nah Sabigaju mau bagi tips agar awal tahunmu tidak menjadi cerita kelabu walau kondisi dompet menipis

BACA JUGA:

1. Atur Ketat Keuangan

Coba cari lagi berapa uang yang kamu miliki saat ini dari sisa liburan akhir tahunmu. Mungkin masih ada yang terselip di saku celana dan kumpulkan sisa-sisa uang yang ada di dompetmu juga.

Tujuannya agar kamu mengetahui berapa uang yang kamu miliki untuk bertahan sampai masa gajian tiba.

Setelah itu, bagi uang tersebut dengan jumlah hari, kamu harus bisa mengelola keuangan yang sudah dibagi tersebut setiap harinya dan jangan mengambil uang lainnya jika terjadi kekurangan ya!

2. Jadi Pengusaha Dadakan

Saat kondisi dompet menipis, tidak ada salahnya ketika kamu memiliki modal yang sangat minim kamu menjual sesuatu yang berguna juga untukmu jika tidak terjual,

Coba cari ide, hal apa saja yang bisa kamu jual di tempat kerja dan kantormu. Mungkin banyak peluang usaha untuk menambah biaya hidupmu hingga akhir bulan.

Jangan malu dengan memulai usaha ini, ya! Karena orang sukses dan memiliki banyak uang berawal dari membangun sebuah usaha, loh!

3. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Jika biasanya kamu harus membawa mobil atau motor sendiri, maka saat kondisi dompet menipis  ada baiknya cari teman terdekat dari rumahmu. Ingat.Jangan gengsi! Hal ini bisa mengurangi pengeluaranmu

4. Bawa Bekal dari Rumah

Saat kondisi dompet menipis, membawa bekal dari rumah banyak manfaatnya, kamu juga bisa lebih menghemat pengeluaranmu.

Misalnya kamu bisa bawa . Nasi goreng yang memang terlihat murah dan minim modal tetapi bisa jadi bekal yang enak ketika kondisi dompetmu menipis.

5. Saat Kondisi Dompet Menipis Tahan godaan dan Jangan Berhutang

Saat kondisi dompet menipis, ada baiknya kamu harus kuat menahan godaan mulai soal makan di luar hingga nongkrong.

Kalau ada temanmu yang berempati dengan menawarkan pinjaman sejumlah uang. tolaklah dengan halus.

Ingat berhutang tidak memiliki manfaat untukmu. Ingat, sebab bulan depan kamu akan merasakan bokek karena gajimu digunakan untuk melunasi hutangmu. Kamu tak mau lagi kan merasakan pahitnya kondisi dompet menipis?

Membuat aman isi dompet sangatlah sulit, terlebih ketika godaan datang dari teman-temanmu,di tempat yang biasa kamu dan teman-teman singgahi.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Selamat mencoba.

Comments