Perayaan Natal
Banyak orang yang menghindari makan banyak saat perayaan Natal karena takut berat badan bertambah alias menjadi gendut. (foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Biasanya saat perayaan Natal tiba maka hal itu identik dengan jamuan makan. Di rumah, makan. Dateng ke rumah teman, disuguhi makanan juga.

Berbagai makanan yang disajikan saat perayaan Natal seolah menggoda kamu untuk menyantapnya terus menerus.

Namun, banyak orang yang menghindari makan banyak karena takut gendut.Nah, bila kamu takut berat badan naik setelah hari perayaan Natal. Jangan khawatir, Sabigaju mau kasih tips agar berat badan tidak naik ketika musim libur.

Ikuti cara ini supaya berat badan tetap seimbang saat perayaan Natal dan tahun baru, dilansir dari laman Bold Sky.

BACA JUGA:

 

1. Mengunyah Perlahan-lahan

Banyak orang tidak mengunyah makanan mereka dengan benar. Padahal mengunyah makanan dengan perlahan merupakan Ini merupakan salah satu trik cerdas untuk makan lebih sedikit tapi bisa menikmati hidangan yang telah disediakan.

Pastikan kamu mengunyah makanan secara perlahan. Biarkan makanan yang dikonsumsi lebih mudah dicerna serta membantu mengurai makanan saat masih dalam mulut.

2. Makan dengan Porsi Kecil

Kontrol nafsu makan Anda meskipun kue dan makanan lainnya sungguh menggoda. Makan dalam porsi kecil agar tidak ‘kalap’ ketika menyantap makanan berat dan berlemak.

Cara ini mampu membuat Anda merasa kenyang namun berat badan tetap terjaga.

3. Tetap Berolahraga Usai perayaan Natal

Nggak usah malu-malu kalau pengin makan banyak saat perayaan Natal. Apalagi kalau makanannya enak-enak. Tapi ingat, biasakan olahraga agar lemak dalam tubuh, bisa terurai menjadi energi dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Jika terbiasa pergi ke gym, kamu idak harus melakukannya saat libur Natal. Cukup luangkan waktu untuk jogging atau lari minimal 30 menit.

Kamu juga bisa melakukan variasi latihan cardio yang akan membuat tubuhmu lebih berkeringat.

4. Makan Camilan Berprotein Sebelum Menyantap Hidangan Tinggi Kalori

Ini menjadi trik jitu menghindari kenaikan berat badanmu saat perayaan Natal. Sebelum kamu menyantap makanan yang tinggi kalori ada baiknya memakan camilan berprotein.

Mengkonsumsi camilan sehat terlebih dahulu membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama sehingga tidak berlebihan ketika makan hidangan berlemak. Camilan berprotein yang menjaga berat badan tetap ideal ialah yoghurt, pisang, apel, stroberi, tuna kalengan, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi Makanan yang Bisa Membakar Lemak

Jika kamu tidak ingin berat badan bertambahusai perayaan Natal , tambahkan ekstra menu dalam porsi makananmu, seperti buah-buahan atau segelas air jeruk nipis. Adapun makanan lain yang membantu membakar kalori, seperti yoghurt rendah lemak, bawang putih, dan cabai hijau.

Bila hari ini terlalu banyak mengonsumsi makanan berat atau tinggi kalori, esok harinya pilih makanan rebus serta hidangan rendah kalori.

Nah Semoga Informasi berguna buat kamu yang ingin berpesta saat perayaan Natal. (Sbg/Rig)

Comments