kasus korupsi
Sumber: Jawapos.com

Sabigaju.com – Banyak sekali kasus korupsi yang terjadi di tanah air dari dulu hingga kini. Menariknya, aksi korupsi tidak hanya dilakukan oleh kalangan pejabat yang sedang berkuasa, namun terjadi pula di kalangan. Hebohnya lagi, tidak sedikit artis lawas dan kondang yang terseret dalam kasus korupsi. Sangat disayangkan bahwa mereka yang terlibat adalah figur publik yang selama ini kita kagumi karena sosoknya.

Berikut lima nama dan kasus artis yang terlibat korupsi:

1. Angelina Sondakh

Angelina Sondakh mulai dikenal setelah terpilih menjadi pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia pada tahun 2001. Ia masuk ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2004-2009 dan 2009 -2014 dari Partai Demokrat.

Sangat disayangkan semua prestasi dan kariernya yang gemilang tersebut harus kandas. Saat itu ia menjadi tersangka kasus korupsi Kementerian Pendidikan Nasional serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kasus ini telah merugikan Negara dalam jumlah miliaran rupiah.

Angie terbukti melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidak Korupsi Junto pasal 64 ayat 1 KUHP. Pada tanggal 21 November 2013, Mahkamah Agung (MA) memvonis Angie dengan hukuman 12 tahun penjara dan hukuman denda Rp 500,000,000 dari vonis sebelumnya 4 tahun 6 bulan penjara.

Majelis kasasi juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti setara dengan Rp 40,000,000,000.

2. Vitalia Sesha

Vitalia Sesha adalah seorang artis dan juga model majalah pria dewasa yang semakin terkenal sejak kemunculannya di majalah POPULAR.

Pada tahun 2012 Vitalia Sesha berkenalan dengan Ahmad Fathanah, dimana perkenalan ini telah melibatkan ia dalam kasus korupsi gratifikasi impor daging sapi dan pencucian uang.

Vitalia Shesa terbukti menerima uang dari Ahmad Fathanah yang terlibat kasus korupsi gratifikasi impor daging dan pencucian uang dengan kisaran jumlah Rp250,000,000. Selain itu ia juga telah menerima mohil Honda Jazz serta jam tangan mewah yang bernilai Rp70,000,000.

Pada akhirnya Vitalia Shesa dinyatakan hanya sebagai korban dan bebas dari hukuman. Barang-barang mewah tersebut kini telah disita oleh KPK dan digunakan sebagai barang bukti untuk penyelidikan.

3. Ayu Azhari

Siapa yang tidak kenal dengan Ayu Azhari, yang merupakan artis senior Indonesia. Ia bergulat di seni peran sejak berusia 15 tahun dengan film perdananya Akibat Buah Terlarang pada tahun 1984. Tidak hanya seni peran, ia juga adalah seorang model dan penyanyi.

Pada tahun 2000-an, Ayu sempat menyandang gelar artis tertinggi bayarannya di Indonesia.

Sayangnya pada tahun 2013, Ayu dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Ahmad Fathanah. Telah diketahui Ayu telah menerima sejumlah uang dari Ahmad Fathanah yang menjadi tersangka kasus korupsi kepengurusan kuota impor daging sapi Kementrian Pertanian, dimana uang tersebut gunakan sebagai uang muka atas mengisi acara pemilukada dan sosialisasi pemilukada di sembilan daerah.

Pada akhirnya Ayu telah dibebaskan karena Pengadilan Tipikor Jakarta telah memutuskan bahwa uang tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus korupsi yang dilakukan oleh Ahmad Fathanah.

4. Mandra

Mandra adalah seorang pelawak yang memulai kariernya acara Lenong Betawi, yang sejak remaja sudah bergabung dengan lenong Setia Warga pimpinan Haji Bokir. Namanya melejit sebagai artis setelah ia mendapatkan peran didalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Dengan kesuksesannya sebagai Mastur, ia mendirikan sebuah rumah produksi Viandra Production yang telah menghasilkan beberapa sinetron yang terkenal.

Pada tahun 2013, TVRI membeli 15 paket program senilai Rp 47,800,000,000 dengan menggunakan dana dari APBN 2012. Paket tersebut dipasok oleh Production House (PH) milik Mandra serta tujuh rumah produksi lainnya. Setelah diselidiki, proses pengadaan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan pengadaan barang dan jasa. Saat itu, yang dilakukan berupa penunjukan langsung dan bukan dilakukan oleh panitia pengadaan.

Kesalahan Mandra bukan mengambil uang Negara atau menikmati uang Negara dari suatu tindak pidana korupsi, akan tetapi Mandra mengizinkan dan memberi kuasa kepada Andi Diansyah untuk menggunakan PT Viandra production miliknya untuk mengikuti pengadaan program siap siar LPP TVRI dengan menyertakan 3 buah film miliknya dalam proses lelang.

Mandra terbukti melakukan pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 3 UU N0.31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Pemberantas Tindak Pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke – 1 Jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

Akibat perbuatannya tersebut, Jaksa pada Kejaksaan Negeri Jakpus menuntut Mandra dengan hukuman 1 tahun dan 6 bulan penjara, denda Rp 100,000,000,- subsider 6 bulan kurungan.

5. Jennifer Dunn

Jennifer adalah seorang model iklan dan juga pemain sinetron yang memulai debutnya dalam sinetron Dia dan Dan. Pada tahun 2005, ia terjerat kasus narkoba dan pada bulan Oktober 2009, ia kembali tertangkap oleh kepolisian karena menggelar pesta narkoba di kostnya.

Jennifer terlibat dalam kasus pencucian uang hasil korupsi yang dilakukan oleh Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Pada tahun 2014, ia telah dipanggil dan diperiksa oleh KPK dan ia mengakui bahwa ia telah menerian sebuah credit card dengan limit Rp 50,000,000,- per bulan dari Wawan sejak bulan September 2013. Selain dari itu ia juga mengakui bahwa ia telah menerima sebuah mobil mewah dan juga peralatan syuting di rumah produksi Wawan.

KPK telah menyita semua pemberian Wawan termasuk credit card dan juga mobil mewah tersebut.

Mudah-mudahan insiden diatas dapat menjadi pelajaran untuk kita semua untuk selalu menjauhi segala macam hal berbau korupsi. Kadang kala uang bukan segalanya untuk mendapatkan kebahagiaan dan di atas uang, ada yang harus kita jaga yaitu integritas dan harga diri. (Sbg/Yvt)

Comments