Menonton TV
Ada sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat lewat aktivitas menonton TV (Foto: npr.org)

Sabigaju.com – Faktanya, masih sering banget kita mendengar pandangan kalau menonton TV itu buruk bagi diri kita. Dan alasannya pun sangat beragam. Mulai dari alasan potensi kerusakan mata hingga mengganggu produktivitas kerja kita setiap harinya.

Tidak salah memang. Tapi diantara dampak-dampak negatif tersebut, faktanya sering menonton seri atau film di televisi juga memberikan dampak positif yang sangat baik bagi diri kita.

Dan berikut adalah 5 dampak positif menonton TV.

BACA JUGA:

 

1. Menghilangkan Stres Sejenak

Faktanya menurut peneliti sekaligus psikolog berlisensi, Alexis Conason, PsyD, mengambil waktu untuk beristirahat sejenak untuk menghilangkan segala kelelahan dan stres, sangatlah penting bagi tubuh kita.

Dengan menonton TV apalagi program favorit kita, adalah salah satu metode yang bisa ditempuh.

Menonton TV
(Foto: World Atlas)

Hal ini dikarenakan ketika kita sudah terhanyut dengan seri atau film yang sedang ditayangkan, dengan sendirinya rasa stres kerja atau masalah hidup yang sedang dihadapi akan hilang dari pikiran dengan sendirinya walau, hanya dalam durasi 1-2 jam saja.

Sementara, tapi dampaknya signifikan banget bagi seluruh kesehatan fisik dan mental di tubuh kita. Dan tentunya juga, akan membuat kita merasa lebih fresh dan semangat ketika ingin mulai kerja lagi.

2. Mampu Menjadi Outlet Pelepasan Emosi

Katakanlah jita adalah individu yang paling susah banget untuk meluapkan emosi yang dirasakan. Ingin ketawa, tapi bukan tipe yang bisa tertawa terbahak-bahak, ingin nangis tapi susah untuk mengeluarkan air mata.

Menonton TV
(Foto: improb.com)

Nah, Menonton TV yang sesuai dengan emosi yang dirasakan, bisa menjadi outlet untuk mengeluarkan emosi yang ingin dirasakan tersebut.

Lama-kelamaan nanti dengan sendirinya, kita sudah “terlatih” untuk mengeluarkan emosi yang dirasakan atau ingin diluapkan tersebut.

3. Meningkatkan Daya Imajinasi

Faktanya sering menyaksikan film fiksi tidaklah selalu berdampak buruk. Malah, menonton TV untuk menyaksikan seri televisi khayalan seperti: The Walking Dead, Arrowverse atau Star Trek mampu merangsang daya imajinasi di dalam otak kita.

Menonton TV
(Foto; Vanity Fair)

Alhasil, perangsangan imajinasi ini akan membuat kita bisa langsung menciptakan “what-if scenario” yang tentunya membuat kita lupa sejenak dengan segala stres dan kehidupan nyata yang dijalani (baca: escapism).

4. Menumbuhkan Rasa Empati & Heroik di Dalam Diri

Dengan menonton TV dimana kita menyaksikan Tndividu-individu yang hidup dalam keterbatasan atau terbuang akibat kelainan diri yang dimiliki (baca: kelainan fisik atau kelainan orientasi seksual), akan menciptakan rasa empati terhadap penderitaan yang sedang dirasakan oleh orang lain.

Menonton TV
(Foto: Fox News)

Sedangkan menyaksikan film atau seri genre superhero atau yang bertemakan kepahlawanan seperti Law & Order atau NCIS, akan menimbulkan rasa heroisme di dalam diri.

Kita juga jadi ingin menolong orang lain yang sedang dalam kesusahan.

5. Memperkuat Hubungan Asmara dengan Pasangan

Apabila kalian adalah tipe yang kalau menonton TV harus ditemani oleh pasangan, selamat! karena kalian telah sukse mengurangi potensi keretakan hubungan yang bisa saja sewaktu-waktu terjadi.

Menonton TV
(Foto: Pexels)

Jadi berdasarkan penelitian dari University of Rochester, menemukan bahwa pasangan yang menyaksikan film bersama terutama genre rom-com, akan semakin memperkuat rasa sayang diantara keduanya.

Hal ini dikarenakan film yang disaksikan bertindak layaknya seperti terapis percintaan. Alhasil, metode ini kerap sukses mengurangi angka perceraian diantara pasangan yang sedang bermasalah.

Jadi intinya, kalau kamu dan pacar / istri sedang ada masalah, coba ajak pasangan untuk nonton film atau seri rom-com atau kalau perlu romantic tragedy. Dijamin deh, bakal makin kuat hubungan kalian berdua.

Walau memiliki 5 dampak positif yang super penting ini, bukan lantas berarti kita harus menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi. Jangan lupakan juga aktivitas penting lain yang memang juga harus dikerjakan.

1-2 jam menonton TV sudah lebih dari efektif untuk mendapatkan 5 manfaat yang telah disebutkan ini. (Sbg/Mrv)

Comments