Beranda Lifestyle TRAVELING Liburan Long Weekend Tetap Jaga Pola Makan Sehat

Liburan Long Weekend Tetap Jaga Pola Makan Sehat

5 menit baca
0
0
14
Walau menikmati liburan long weekend Anda tetap perlu untuk menjaga pola hidup sehat. ( Foto by Pexels)
Walau menikmati liburan long weekend Anda tetap perlu untuk menjaga pola hidup sehat. ( Foto by Pexels)

Sabigaju.com – Umumnya saat masa liburan long weekend, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan keluraga, teman, ataupun kekasih sambil menikmati berbagai makanan yang menjadi favoritnya ataupun belum pernah dicoba sebelumnya.

Bisa saja pola makan sehat seakan absen, lenyap entah berlibur kemana. Tak jarang setelah liburan, berat badan atau bahkan kadar kolestrol dalam tubuh ikutan meningkat.

Padahal, saat liburan long weekend seharusnya tetap membuat Anda mengontrol nafsu makan. Nah kali ini Sabigaju mau memberikan beberapa tips kepada Anda, bagaimana menjaga pola makan sehat selama liburan.

1.  Sediakan  Makanan Sehat Saat Liburan Long Weekend

Saat menikmati liburan long weekend bersama keluarga, Anda bisa mencoba menyiapkan ataupun membawa sendiri berbagai makanan sehat untuk dinikmati bersama.

So. santaplah sedikit makanan sehat yang Anda bawa tadi sebelum menyantap makanan lainnya. Intinya adalah mengisi perut Anda dengan makanan sehat pertama kali, baru kemudian dengan makanan lain.

Jika tidak memungkinkan membawa makanan. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat lain sebelum pergi berlibur. Hal ini bertujuan agar perut Anda sedikit penuh sehingga Anda tidak makan terlalu banyak saat liburan.

2. Liburan Long Weekend Momen Tepat Untuk Kurangi Kafein

Hal lain yang juga perlu Anda lakukan saat liburan long weekend adalah mengontrol konsumsi kafein, baik teh maupun kopi. Alih-alih mendapatkan energi melaui kopi, teh ataupun minuman energi, rupanya hal itu itu tidak setara dengan energi yang diperoleh dari makanan dan istirahat yang cukup.

Anda bisa mengganti kafein dengan makanan olahan yang terbuat dari bahan susu terutama yoghurt. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan selama masa liburan agar pola makan sehat tetap terjaga dan seimbang.

3. Lakukan Aktivitas Sehat

Berlibur seyogyanya bukanlah kegiatan bediri lama di pinggir meja makan ataupun duduk hingga lupa waktu di meja yang penuh dengan berbagai santapan.

Jadikan liburan sebagai momen untuk melakukan berbagai kegiatan untuk aktif bergerak. Anda akan merasa lebih bertenaga saat liburan dan dapat menyeimbangkan konsumsi tinggi kalori selama liburan.

Beraktivitas fisik selama berlibur dapat dilakukan dengan lebih banyak berjalan terutama saat pagi hari. Membawa perlengkapan olahraga yang mudah dibawa seperti sepatu lari akan membuat Anda lebih nyaman untuk menelusuri tempat wisata dengan berjalan kaki.

4. Kurangi Porsi Makan

Liburan memang kesempatan yang pas untuk mencicipi berbagai kuliner di tempat wisata. Namun sayang rasanya kalau itu saja yang menjadi fokus liburan. Makan lah secukupnya, kalau perlu kurangi porsinya

Mengurangi porsi makan bukan berarti tidak makan saat waktu makan tiba. Sempatkanlah mengonsumsi makanan pada waktunya. Makan secara teratur tetap dibutuhkan karena pergi berlibur tetap membutuhkan energi. Selain itu kelelahan dan rasa lapar berlebih dapat memicu pola makan tidak sehat selama liburan.

5. Jangan Abaikan Istirahat

List panjang berbagai aktivitas yang akan Anda lakukan saat liburan long weekend jangan sampai mengganggu waktu tidur malam Anda. Tidur adalah hal yang utama dalam menjaga pola hidup sehat terutama dalam mengatur pola makan.

Kekurangan energi karena mengantuk menyebabkan Anda kurang menikmati waktu liburan dan memicu konsumsi makanan yang lebih banyak. Penuhi kualitas istirahat malam yang optimal.

Tetap sehat dan selamat menikmati liburan long weekend buat Anda. (Sbg/Rig)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam TRAVELING
Komentar ditutup

Lihat juga

Tujuan Traveling Berdasarkan Zodiak (Part 1)

Sabigaju.com – Bepergian atau traveling merupakan kesenangan bagi sebagian besar mas…