di pantai
Jika kita rutin menyediakan waktu untuk menikmati suasana di pantai, hal tersebut sangat menyehatkan dan menyejahterakan fisik dan mental kita. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Saat weekend tiba, ada baiknya agar kita menyediakan waktu untuk menikmati suasana di pantai itu sangat menyehatkan dan menyejahterakan.

Yup menyisihkan waktu untuk menikmati suasana alam terbuka di pantai ternyata bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi pun mental.

Apa yang membuat pantai menjadi hal yang menyehatkan. Simak ulasannya

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Surga di Pantai Pulau Ora 

Bikin Kamu jadi Kreatif

Menikmati pemandangan dan bermain-main di laut, berlibur di pantai memiliki berbagai manfaat berada di pantai. Menurut peneliti aktivitas ini bisa meningkatkan kreativitas dan mengurangi stres.

Bila kamu menikmati liburan di pantai dan menjauhi perangkat elektronik, waktu tersebut dapat memicu kreativitas dan inovasi. Keterlibatan sosial dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang membuatmu merasa lebih baik secara keseluruhan.

di pantai
(Foto: Instagram kimwoobinida)

Apalagi jika kamu pergi bersama keluarga. Efek positifnya pada kebahagiaan anak-anak berlaku untuk jangka panjang.

Melihat luasnya lautan membuat orang merasa tenang. Apalagi ditambah mendengar suara ombak, membaui aroma air asin, dan merasakan kehangatan saat kaki menyentuh pasir pantai.

BACA JUGA: Pantai Pulau Merah, Surga Pecinta Surfing di Ujung Pulau Jawa

Bermanfaat Bagi Otak

Suara ombak menjadi salah satu alasan mengapa pantai memiliki efek menenangkan. Selain itu, suara tenang lautan bekerja untuk menurunkan tingkat kortisol dan berdampak positif pada kesehatan.

“Suara ombak dapat membantu kamu mencapai keadaan meditasi, yang terbukti menyembuhkan dan memperkuat otak.

di pantai
Keindahan pantai di Pulau Dodola yang luar biasa (Foto : Instagram cahyoksm)

Pantai bisa jadi tujuan wisata untuk bersantai dan menata ulang pikiran, juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Bidang datar permukaan samudra juga memberi rasa nyaman dan aman.Yup manusia merasa aman ketika berada di tempat yang tidak kompleks.

Di hutan manusia bisa dibuat lelah hewan predator, di kota ada penjahat yang harus diwaspadai. Namun, di pantai kamu bisa melihat luasnya lautan yang memberi ketenangan tanpa ada ancaman potensial untuk dipikirkan.

BACA JUGA: Daftar Pantai Keren Dekat Jakarta yang Cocok Buat Wisata Keluarga

Memberikan Ketenangan

Memandangi birunya laut bahkan memberikan efek psikologis, emosional, dan fisik pada seseorang. Warna biru telah dikaitkan dengan ketenangan.

Richard Shuster, psikolog klinis, setuju bahwa warna biru memiliki efek menenangkan mendalam. “Menatap samudra benar-benar mengubah frekuensi gelombang otak dan menempatkan kita ke dalam keadaan meditasi ringan,” kata Richard.

Perasaan damai di pantai bisa jadi merupakan hasil perubahan molekuler yang terjadi di tubuh.

di pantai
Perahu nampak seperti melayang di Pantai Sulamadaha, Ternate (Instagram kang_yonex)

Gelombang laut menghasilkan ion negatif. Ion negatif mempercepat kemampuan tubuh kita untuk menyerap oksigen dan menyeimbangkan kadar serotonin.

Serotonin merupakan zat kimia yang diproduksi tubuh dan berhubungan dengan suasana hati. Dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa berada di pantai telah dikaitkan dengan energi positif, bahkan bisa membuat tidur lebih nyenyak. (Sbg/Rig)

Comments