Wisata Halal
Usai bersilaturahmi dengan keluarga pastinya yang  paling enak adalah dengan menghabiskan waktu untuk liburan. Buat kamu yang doyan travelling ini waktu yang tepat menjajal wisata halal. (Foto: Instagram ferrye)

Sabigaju.com – Buat kamu yang doyan travelling kenapa waktu libur Lebaran yang sudah diambang mata,  kenapa kamu tidak menjajal untuk  melakukan trip wisata halal usai bersilaturahmi dengan keluarga?

Tapi di sini, kita enggak cuma bahas soal wisata halal karena beberapa fitur islaminya, tapi memang tujuannya yang bersentuhan dengan rohani kita.

Yes,  dengan wisata halal, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ajang refleksi kepatuhan dan ketaatan kita sama Tuhan sembari rekreasi. Siapa tahu bisa ngisi waktu jenuh kamu pas libur Lebaran.

BACA JUGA:  Pesona Negeri di Atas Langit ala Bukit Nanggi Lombok

Lombok

Destinasi ini emang udah lama digaung-gaungkan sebagai wisata halal yang indah banget. Pasalnya, Lombok adalah wisata halal terbaik nomor satu versi Muslim Travel Index (IMTI). Bangga banget!

Wisata Halal
(Foto Instagram tiketland)

Tak hanya lokal, Lombok juga terkenal oleh turis mancanegara. Pantai yang dimiliki Lombok luar biasa indahnya. Maka itu, enggak usah kaget kalau Lombok juga jadi salah satu tujuan bulan madu terkenal setelah Bali.

Di Lombok kamu bisa mengunjungi Pink Beach, pantai yang punya pasir pink dan perairan berwarna pink. Selain itu ada lagi Kepulauan Gili, Pantai Sengigi dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA: Nikmatnya Kopi Aceh Enggak Cuma Ada di Kopi Gayo

Aceh

Kota yang dijuluki Serambi Makah ini emang terkenal banget memiliki nuansa agamis yang kuat. Kalau kamu ke sana, rata-rata perempuannya memakai jilbab. Belum lagi peraturan daerah syariah yang sudah lama diterapkan di sana.

Wisata Halal
(Foto: Instagram koperasi_sabang2018)

Tapi, Aceh punya banyak banget destinasi wisata nih, Sob. Ada Pulau Weh, Pantai Iboih yang eksotis, dan bahkan ada beberapa air terjun yang asyik banget kayak Soham dan Blang Kolam atau bahkan Museum Tsunami.

Kalau kamu mau wisata religinya, kamu bisa ke Masjid yang populer di sana, Baiturrahman.

BACA JUGA: Lima Restoran Padang Favorit di Jakarta

Sumatera Barat

Provinsi ini juga masuk lima besar wisata halal terbaik dunia. Gimana enggak, kuliner dan tempat wisatanya ajib banget cuy!

Di sana, kamu bisa dapetin hotel yang menyediakan makanan serta minuman halal, kolam renang yang dipisah antara wanita dan pria, rumah makan bersertifikat halal, dan yang lainnya.

wisata halal
(Foto: Instagram andreeindrawan)

Kalau kamu pecinta kuliner, kamu bisa masuk ke rumah makan Lamun Ombak yang terkenal dengan makanan khas Minang-nya yang super duper lezat.

Rumah makan ini dianugerahi Rumah Makan Halal Terbaik di Indonesia oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

BACA JUGA: Tiga Tempat Wajib Kunjung di Kawasan Wisata Ciwidey 

Jawa Barat

Nah yang ini lumayan irit ongkos kalau memang kamu harus naik pesawat. Jawa Barat enggak kalah keren kok, soal wisata halalnya.

(Foto: Instagram asri_nurjannah)

Ada lima daerah yang jadi unggulan wisata halal nantinya, yakni Bogor, Sukabumi, Karawang, Metro Bandung, Bandung Raya, dan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

BACA JUGA: Sebelum Jalanan Macet Lagi, Yuk Berwisata ke Tempat Berikut di Jakarta

Jakarta

Nah, yang ini kamu mungkin enggak nyangka ya. Yes, Jakarta ternyata jadi salah satu yang digadang-gadangkan sebagai wisata halal Indonesia.

Agak unik karena Jakarta menyediakan nuansa urban untuk para wisatawan. Dari mulai wisata religi hingga rumah makan bersertifikat halal.

Wisata Halal
(Foto: Instagram garfit_travell)

Jakarta sendiri memiliki 4 kawasan yang dinilai layak untuk Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal.

Semuanya adalah destinasi utama di Jakarta. Adapun empat wisata yang akan digarap wisata halal, di antaranya; Kota Tua, Monas, Situ Babakan, dan Kepulauan Seribu. Wah, Enggak usah jauh-jauh deh ya.

Okay, Sob. Dari lima wisata halal Indonesia di atas, mana yang mau kamu datengin nanti? (Sbg/Dinda)

Comments