Lembah Ramma
Salah satu destinasi wisata alam dengan pesona keindahan menakjubkan dapat kamu jumpai saat berkunjung ke Lembah Ramma di Gowa, Sulawesi Selatan (Foto: Instagram tree.photospot)

Sabigaju.com – Indonesia memiliki destinasi wisata alam ibarat mutiara yang juga patut dipamerkan ke dunia, yang kalau dibicarakan artinya siap kehabisan kata-kata untuk memuji dan mengucap syukur atas keindahannya.

Salah satu destinasi wisata alam yang memiliki pesona dan keindahan terdapat di Lembah Ramma. Lembah ini terletak di di kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Lembah Ramma, sejak beberapa tahun lalu menjadi alternatif tempat wisata, terutama bagi orang-orang yang senang perjalanan petualangan.

Kesejukan menuju Lembah Ramma

Untuk menuju ke tempat ini rute yang di tempuh tidak terlalu sulit. Kamu harus melalui kawasa Desa Lembanna. Pedesaan ini merupakan desa yang biasanya dijadikan rute pendakian menuju ke Lembah Ramma.

Kondisi Lelah bakal terbayar saat tiba di lembah yang memiliki pemandangan menakjubkan ini. (Foto Instagram)
Kondisi elah bakal terbayar saat tiba di lembah yang memiliki pemandangan menakjubkan ini. (Foto Instagram)

Dari Lembanna, perjalanan kamu ke Lembah Ramma dimulai dengan menyusuri perkebunan. Kebun wortel, bawang, kentang, dan markisa adalah sebagian dari jejeran tanaman yang menghampar menghias sisi jalan. Sensasi kesejukannya tidak akan pernah tergantikan, karena suasananya yang khas dan menawan.

Lepas dari kebun, perjalanan memasuki hutan, mulai dari hutan yang pepohonannya jarang dan rendah sebagian, juga terdapat alang-alang hingga hutan lumut yang penuh tanaman beukuran besar dengan suasana yang basah dan lembab.

Banyak wisatawan yang terpana dengan Pesona keindahan alam di Lembah Ramma. (Foto: Instagram anjazaprisal)
Banyak wisatawan yang terpana dengan Pesona keindahan alam di Lembah Ramma. (Foto: Instagram anjazaprisal)

Mendaki, menurun, melalui bebatuan, akar pohon besar, adalah tantangan yang dilalui menuju lembah ini. Namun, perjalanan cukup melelahkan bakal sirna manakala kamu tiba di lembah yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng ini.

Sensasi Eropa

Saat Tiba di Lembah Ramma, kamu akan memandangi hijaunya rerumputan, dan merasakan suasana pegunungan yang super sejuk. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa tempat ini mirip dengan keindahan spot di daratan Eropa yang juga menyimpan hamparan hijau dan sejuk di kaki gunung.

Tak sedikit orang yang berpandangan jika keindahan di lembah ini mirip dengan spot wisata alam di daratan Eropa.. (Foto: Instagram muh.syahrulanhar)
Tak sedikit orang yang berpandangan jika keindahan di lembah ini mirip dengan spot wisata alam di daratan Eropa.. (Foto: Instagram muh.syahrulanhar)

 

Tapi tunggu dulu, kalau kamu ingin menikmati suasana secara komplit? cobalah untuk mendaki sampai ke Puncak Talung. Puncak Talung ini adalah bukit yang ada diatas Lembah Remma.

Untuk mencapai Puncak Talung dengan berjalan kaki, butuh waktu kurang lebih tiga jam melewati jalanan yang naik turun. Tapi jangan khawatir, pemandangan yang kalian lihat di sepanjang perjalanan tidak akan mengecewakan. Jika kalian beruntung, kalian akan mendapati lembah yang indah ini tanpa tertutup kabut sedikitpun. (Sbg/Rig)

Comments