Layanan Antar Makanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Layanan pesan-antar makanan punya peranan penting dalam membantu masyarakat saat wabah Virus Corona tengah melanda.

Apalagi pasca dikeluarkannya anjuran bekerja dari rumah dan karantina diri di tengah wabah virus corona, permintaan terhadap jasa antar makanan pun meningkat.

Kita bisa memanfaatkan jasa antar makanan resmi yang disediakan oleh restoran maupun menggunakan jasa ojek online.

Tapi apakah layanan antar makanan bikin kita aman dari virus Corona?

BACA JUGA: Gaes, Jangan Buang Uang Saat Pandemi Corona!

Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Makanan?

Satu hal yang perlu kita ketahui adalah penularan virus melalui media makanan ternyata cenderung minim.

Hal tersebut dinyatakan oleh Stephen M. Hahn M.D, salah seorang komisioner dari lembaga pengawasan pangan dan obat-obatan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA)

“Kami tidak mengetahui adanya laporan pada saat ini, COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan. Sampai sekarang, tidak ada bukti penularan COVID-19 melalui makanan,” katanya

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Hal ini diamini oleh profesor keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan di Cornell University, Martin Wiedmann

“Risiko tertular virus corona melalui makanan sejauh ini sangat kecil,” katanya

Lantas, bagaimana dengan kontak tangan yang mungkin terjadi dalam proses layananM antar makanan? Mulai dari ketika makanan diserahkan kepada pengantar hingga berada di tangan konsumen.

Para ahli dan restoran meyakinkan kita bahwa jika semua pihak yang terlibat dalam pengiriman menerapkan standar tindakan pencegahan yang baik, virus corona tidak akan menyebar melalui pengiriman, apakah itu makanan atau barang kiriman lainnya.

Namun, kata Wiedmann, secara pribadi ia tetap akan memberlakukan prinsip menjaga kebersihan standar ketika memesan makanan. Seperti mencuci tangan terlebih dahulu.

“Apakah saya akan mencuci tangan sebelum makan pizza dengan tangan? Iya,” katanya.

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup

Utamakan Kebersihan Tangan

Tentu saja kita tidak tahu apakah semua orang yang terlibat dalam layanan antar makanan tersebut juga mencuci tangan mereka dengan baik.

Tetapi, kebanyakan perusahaan memberlakukan kebijakan kebersihan pada karyawannya, seperti karyawan harus memastikan tangannya bersih ketika melayani.

Wiedmann mencontohkan sebuah resto vegetarian yang memiliki tiga cabang di New York, Westville, meminta semua stafnya mencuci tangan setiap 30 menit sekali.

Dia mengatakan, menjaga kontak dan bersin atau batuk dengan cara yang benar adalah faktor yang jauh lebih penting untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona daripada memberikan tip kepada petugas layanan antar makanan.

“Tinggal di rumah, mengunci diri dan tidak makan tidak akan membuat risiko terkena corona virus menjadi nol. Tapi risiko kematian akibat kelaparan akan sangat tinggi,” tutupnya. (Sbg/Rig)

Comments