Meditasi bisa Mengatasi Kecemasan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Begitu banyak orang yang merasa khawatir dan dilanda  kecemasan lantaran pandemi Corona.

Rasa cemas yang muncul pada kondisi pandemi seperti saat ini wajar terjadi. Namun, kecemasan itu kudu harus dilawan gaes!

Soalnya kecemasan ini bisa berdampak pada aktivitas harian karena pikiran sulit tenang.  Nah rasa khawatir dan kecemasan bisa membuat daya tahan atau Imunitas tubuh kita menurun sehingga rentan terserang penyakit.

Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan melakukan meditasi mindfulness.  Dan berikut sabigaju kasih ulasannya.

BACA JUGA: Cyberchondria: Kepo Info Kesehatan yang Bikin Cemas Berlebih

Meditasi Mindfulness  untuk Mengusir Kecemasan

Meditasi mindfulness merupakan teknik meditasi yang melatih kita agar berfokus pada emosi, pikiran dan sensasi yang kita alami pada saat ini.

Bukan yang sudah berlalu atau yang akan datang. Tujuannya melatih kita membiarkan pikiran lewat tanpa harus terbawa olehnya.

Teknik mindfulness bervariasi. Namun, kita bisa memulainya dengan mencari tempat yang tenang dan nyaman, mengatur nafas dan mulai memusatkan pikiran dan cobalah kontrol pikiran kita dengan pernafasan yang tenang.

Sebuah studi Universitas Oxford, misalnya, telah menemukan bahwa program terapi kognitif berbasis kesadaran dapat mengurangi depresi sebesar 44 persen.

Dengan kata lain, meditasi mindfulness efektif seperti obat antidepresi, kata para peneliti.

Meditasi mindfulness bisa kita lakukan di mana saja, asalkan tempat tersebut memiliki suasana yang tenang. Berikut cara melakukan meditasi mindfulness:

BACA JUGA: Jangan Malu, Nih Ada 5 Kelas Yoga untuk Pria

1. Temukan Tempat yang Tenang dan Nyaman

Duduk di kursi atau di lantai dengan kepala, leher, dan punggung lurus tetapi tidak kaku. Saat melakukan meditasi ini, kita juga disarankan menggunakan pakaian yang nyaman sehingga tidak terganggu.

2. Sadari Napas Kita

Selaraskan dengan sensasi udara yang bergerak masuk dan keluar dari tubuh saat bernapas.

Rasakan perut yang naik dan turun serta sensasi udara yang memasuki lubang hidung dan keluar dari mulut kita. Perhatikan bagaimana setiap napas yang keluar dan masuk.

3. Fokus Pada Saat Ini

Cobalah untuk mengesampingkan semua pemikiran tentang masa lalu dan masa depan. Setelah itu, kita fokus pada masa kini.

Perhatikan setiap pikiran yang datang dan pergi, apakah itu kekhawatiran, ketakutan, kecemasan, atau harapan.

Ketika pikiran muncul di pikiran kita, jangan abaikan atau tekan pikiran tersebut. Catat saja, tetap tenang, dan gunakan pernapasan media untuk mengontrolnya.

BACA JUGA: Cemas Berlebihan Akan Virus Corona Bisa Bikin Hypochondria

4. Hentikan Bersikap keras Terhadap Diri Sendiri

Jika kita merasa terbawa pikiran, amati ke mana pikiran pergi, jangan menghakimi, dan kembalikan fokus pikiran ke pernapasan. Ingatlah untuk tidak bersikap keras pada diri sendiri jika hal ini terjadi.

5. Akhiri dengan Bertahap

Ketika akan menyelesaikan sesi meditasi, duduklah selama satu atau dua menit. Lalu sadari di mana kita berada dan bangunlah secara bertahap.

Nah semoga informasi meditasi Mindfullness ini bisa membantu kalian mengatasi kecemasan. (Sbg/Rig)

Comments