Lari dari masalah bukan solusi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang yang menghadapi berbagai masalah dan tantangan di masa pandemi ini. Nah, tak sedikit yang memilih lari dari masalah ketimbang menghadapi ataupun menyelesaikanya.

Padahal, lari dari masalah hanyalah solusi jangka pendek yang seharusnya tak pernah kamu pilih. sebab kenyataannya masalah tersebut akan terus mengejar sampai kamu benar-benar menyelesaikannya.

Ada sederet cara optimis yang bisa kamu jadikan panduan saat didera permasalahan Ketimbang larikan dari masalah.

BACA JUGA: Money Disorder: Gangguan Mental Akibat Masalah Keuangan 

1. Identifikas Masalahmu

Penulis yang juga motivator Richard Carlson dalam buku laris yang berjudul “Don’t Sweat the Small Stuff and It’s All Small Stuff: Simple Ways to Keep the Little Things From Taking Over Your Life“.  menguraikan Tanpa kita sadari, banyak hal dalam hidup ini yang sebenarnya hanya masalah kecil namun kita menganggapnya sebagai masalah besar.

Nah kita perlu membentuk perspektif baru ketimbang lari dari masalah yang tengah kita hadapi.

Coba cek or identifikasi masalahmu. Soalnya , Jika permasalahan yang kamu hadapi   namun tidak memberi dampak terhadap kesehatan, kehidupan, perkawinan dan keluarga; kemungkinan besar itu adalah masalah remeh yang tak perlu dipersoalkan.

2.  Diskusi dengan Orang Terpercaya

Ketika kamu dhampiri rasa  pesimis, tak bersemangat Istri atau suami, sahabat, rekan kerja, orang tua adalah mereka yang bisa kita andalkan sebagai sandaran untuk memberi dukungan

Pastikan kamu dikelilingi oleh orang-orang yang mendukungmu dan membantu dalam menghadapi masalah, bukan lari dari masalah.

BACA JUGA: Begini Cara Meredakan Empat Masalah Mental di Masa Pandemi

3. Bikin  Rencana untuk Menyelesaikan Masalah

Jangan menyerah pada masalah sebelum membuat rencana. Jika kamu merasa putus asa dan ingin segera melarikan diri, berikan sedikit waktu lebih lama bagi dirimu. Buatlah rencana, analisa masalah yang membuat hidupmu terasa sulit.

Temukan penyebabnya, dan buatlah pergerakan sekali pun hanya langkah kecil. Rencana yang kamu buat akan membantu kamu menuju solusi yang lebih baik.

BACA JUGA: Perbedaan Pria dan Wanita dalam Mengatasi Masalah

4. Bertanggung Jawab atas Hidupmu

Gaes, saat kamu menghadapi masalah hidup sebenarnya kamu  tenga dididik  untuk bertanggung jawab dengan kehidupan.

So, daripada lari dari masalah lebih baik  belajar bertanggung jawab apapun yang terjadi dengan hidupmu. (Sbg/Rig)

Comments