Padamnya Listrik
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Betapa publik dan netizen begitu gaduh saat padamnya listrik yang terjadi pada Hari Minggu ( 4/8) kemarin. Bagaimana tidak padamnya listrik di area Jabodetabek melumpuhkan berbagai aktivitas dan sektor vital.

Mulai dari transaksi keuangan, bisnis hingga berbagai urusan sosial dan rumah tangga terganggu lantaran listrik padam.

Tidak hanya menggegerkan masyarakat Indonesia, kabar tentang listrik padam yang memengaruhi belasan juta penduduk Jabodetabek itu juga disorot oleh berbagai media asing.

Terlebih saat banyak netizen di dunia maya gaduh membahas soal listrik yang kembali padam di berbagai wilayah Jabodetabek pada hari ini Senin (5/8).

Peristiwa ini tentunya sangat disesalkan sebab tidak hanya merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN, terutama konsumen sangat dirugikan.

Padamnya listrik massal dan lama, menunjukkan buruknya manajemen PLN mengelola energi.

Ini membuka mata kita secara terang benderang, betapa rusak dan bobroknya manajemen PLN yang tidak memiliki back up plan terhadap manajemen operasi listriknya. Sebab sebagai perusahaan besar seharusnya PLN bisa memitigasi dan melakukan upaya penanganan dengan cepat.

Seharusnya PLN memiliki antisipasi-antisipasi terhadap ketersediaan listrik di tempat-tempat atau wilayah tertentu, dan juga di sektor-sektor publik yang vital bagi masyarakat dan negara

BACA JUGA: Berbagai Dampak Mati Listrik di Jabodetabek

Hal Penting Mengantisipasi Padamnya Listrik

Padamnya listrik kemarin dari hari memberi kita pelajaran bahwa sudah saatnya kita mempersiapkan rencana darurat untuk mengantisipasi

Sebab efek yang serius bisa jadi menimpa kamu yang terbiasa dengan gaya hidup modern dan mengandalkan teknologi dan media sosial.

Siapkan Uang Tunai

Meski kita hidup di era era di mana orang-orang mengandalkan uang elektronik maupun beragam kartu baik kredit maupun debit.

Namun pengalaman padamnya listrik kemarin harus kamu ingat, uang-uang jenis itu tidak akan berguna dalam kondisi mati listrik.kamu tidak bisa menarik uang dari ATM, tidak bis menggesek kartu dalam pembayaran, tak pula bisa scan barcode untuk membayar belanja

Uang tunai darurat diperlukan untuk bertahan hidup dalam listrik padam, sehingga barang pokok dapat tetap terbeli. Uang itu harus kamu simpan di tempat yang aman, misalnya brankas tahan api bersama dengan dokumen penting.

BACA JUGA: Lima Prediksi yang Bakal Terjadi di Era Kendaraan Listrik

Sumber Energi dan Penerangan Darurat

Hal lain yang mesti kamu persiapkan untuk mengantisipasi matinya listrik adalah dengan menyiapkan berbagai sumber pencahayaan darurat Bisa jadi lilin, senter, hingga lampu minyak tanah.

Siapkan pula power bank yang dapat menampung listrik dengan kapasitas tertentu yang dapat dimanfaatkan saat listrik padam.

Nah, Jika kondisi keuanganmu berlebih tak ada salahnya untuk menyiapkan generator(Genset) jenis yang modern dan berkualitas baik.

BACA JUGA: Lima Mobil Listrik dengan Tampilan Retro Klasik, Nomor 2 Paling Imut

Siapkan Makanan Air dan Obat

Pengalaman padamnya listrik kemarin membuat kamu perlu menyiapkan makanan dan obat-obatan mengingat sejumlah toko akan tidak beroperasi.

Kamu bisa menyiapkan makanan kaleng ataupun makanan tidak mudah busuk lainnya untuk bertahan hidup dalam keadaan listrik mati.

Sementara untuk air, kamu harus menyiapkan beberapa galon agar kamu  tidak dehidrasi karena mati listrik

Selain itu, pikirkan pula obat yang mungkin kamu butuhkan, terutama antibiotik dan obat-obatan penyakit pribadi yang sering kambuh.

Semua hal di atas  tadi sangat penting bagi kamu untuk bertahan lama saat mati listrik. (Sbg/Rig)

Comments