Kim Jong Un tengah menaiki Mercedez lapis baja
Kim Jong Un tengah menaiki Mercedez lapis baja

Sabigaju.com –  Sebuah langkah mengejutkan dilakukan Pemerintah Korea Utara dalam hubungannya dengan negara tetangga Korea Selatan.

Pemerintah Korea Utara baru-baru ini mengeluarkan sebuah pengumuman resmi yang cukup mengejutkan. Mereka meminta seluruh warganya untuk berpartisipasi merumuskan “terobosan” penyatuan kembali Semenanjung Korea yang telah lama retak.

Tak hanya Itu, seruan yang didukung sepenuhnya oleh penguasa Korea Utara, Kim Jong Un, itu juga mendesak agar semua orang Korea di seluruh dunia untuk mempromosikan kontak, perjalanan, dan kerja sama kedua negara.

Dilansir dari laman Independent.co.uk, seruan tersebut dikeluarkan seiring dengan kian menurunnya ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Korea Utara Tunjukan Keseriusan

Banyak pihak yang mempertanyakan melunaknya sikap Korea Utara terhadap Korea Selatan. Terlebih belakangan Korea Utara justru terlihat serius melanjutkan komunikasi damai.

Pemerintah Korea Utara mengirimkan delegasi nya kekorea selatan termasuk penyanyi pop wanita Hyon Song-wol untuk berbicara dengan dengan delegasi Korea Selatan. (Foto: Youtube)
Pemerintah Korea Utara mengirimkan penyanyi pop wanita Hyon Song-wol untuk berbicara dengan dengan delegasi Korea Selatan. (Foto: Youtube)

Salah satunya, keputusan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang telah menyetujui pengiriman atlet ke Olimpiade Musim Dingin yang akan diselengarakan di Pyeongchang, Korea Selatan, Maret mendatang.

Bahkan pada minggu lalu, Korea Utara sempat mengutus rombongan delegasi, termasuk di dalamnya penyanyi pop Hyon Song-wol, melintasi Zona Demiliterisasi guna mengecek kesiapan agenda terkait.

Pemerintah Korea Utara Kirim Girlband

Dilansir laman BBC, Kim Jong Un juga bakal mengirim girl band satu-satunya di negara itu, Moranbong untuk tampil di seremoni pembukaannya.

Dikirimnya girlband Moranbong yang dibentuk oleh Kim Jong Un sebagai jawaban Korea Utara terhadap melesatnya pamor budaya populer Korea Selatan.

Para member Moranbong adalah para perwira wanita dengan jabatan menengah, yang kerap tampil membawakan pesan propaganda lewat lagu sehingga tidak terlihat politis.

Girlband Morangbong bentukan KIm Jong Un. (Foto: Youtube)
Girlband Moranbong bentukan KIm Jong Un. (Foto: Youtube)

Girlband yang dibentuk sejak 2012 itu tampil modern, seperti yang terlihat pada model rambut pendek, rok pendek, dan sepatu hak tinggi.

Mereka juga bahkan pernah terlihat mengenakan atribut berbau “kebarat-baratan”, seperti aksesori berbentuk Mickey Mouse hingga mengenakan kostum ala perawat.

Meskipun tampil modern, baik dari gaya maupun musik yang dimainkan, Moranbong tetap tidak lebih dari corong pemerintahan komunis Korea Utara.

Sebab, musik merupakan hal yang cukup tabu di Korea Utara, dan hanya bisa dimainkan atas persetujuan dari pemerintah. (Sbg/Rig)

Comments