Berbagai sajian Kuliner Khas Betawi (Foto: Instagram makdowerwarung)
Berbagai sajian Kuliner Khas Betawi (Foto: Instagram makdowerwarung)

Sabigaju.com – Sebagai destinasi wisata Internasional, Jakarta seharusnya bukan hanya memiliki bangunan dan monumen saja sebagai penanda dari Ibu kota negeri ini. Kekayaan aneka kuliner lezat dan nikmat seharunya juga dapat dijadikan ciri khas dari kota ini.

Hal ini penting, sebab meski memiliki begitu banyak destinasi wisata kuliner, ternyata beragam kuliner Jakarta masih belum banyak dikenal di kalangan turis mancanegara.

Mencicipi kuliner khas menjadi hal yang tak boleh ketinggalan ketika memutuskan untuk menjelahi sebuah destinasi wisata. Padahal makanan khas penduduk asli kota ini yakni Suku Betawi, dapat membuat wisata kuliner Jakarta memiliki keunikan tersendiri bahkan istimewa.

Nah, Kali ini Sabigaju coba mengangkat beberapa kuliner khas suku Betawi yang hampir punah padahal rasanya sangat nikmat. Sejumlah warganet mengabadikan sejumlah makanan khas Betawi menjadi Instragramable. Yuk, simak ulasannnya.

1. Sayur Babanci

Sayur Babanci merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang ikonik. Namun, kini keberadaannya semakin sulit untuk ditemui di mal atau bahkan warung pinggir jalan.

Salah satu hal yang menyebabkan kelangkaan ini adalah semakin sulitnya mendapat rempah-rempah yang diperlukan untuk membuat sayur ini, salah satunya buah jali-jali. Dan, hanya orang Betawi asli yang mengetahui resep asli sayuran ini.

Sayur Babanci (Foto: Instagram rasasayange)
Sayur Babanci (Foto: Instagram rasasayange)

Nama Babanci sendiri diambil dari kata banci, dimana sayuran yang digunakan di dalam makanan ini bercampur dengan sayuran lain sehingga tidak bisa didefinisikan jenis makanan ini. Bisa dikatakan sebagai perpaduan masakan gulai, kari, dan soto.

Makanan Khas Betawi ini diabadikan akun Instragram @rasasange dengan cara unik. Oleh Akun tersebut, makanan ini disajikan dalam buah kelapa dengan beralaskan kain sebagai aksen dan piring putih. Hasil foto tersebut membuat makanan tradisional ini menjadi so yummy banget deh.

2. Gabus Pucung

Dahulu, Jakarta didominasi oleh rawa-rawa, empang, dan sungai yang menjadi tempat hidup dari ikan gabus. Oleh masyarakat Betawi kala itu keberadaan ikan gabus yang melimpah diolah menjadi makanan khas Betawi bernama Gabus Pucung.

Pacung sendiri adalah bumbu masakan berwarna hitam atau yang dikenal dengan nama kluwek. Biasanya Gabus Pucung dihidangkan dengan irisan daun bawang dan bubuhan seledri. Rasa asin, asam, manis, dan gurih, pada makanan ini didapat dari rempah-rempah dari dalam bumbu.

Kuliner Khas betawi, Gabus Pucung (Foto: dentistvschef.wordpress.com)
Kuliner Khas betawi, Gabus Pucung (Foto: dentistvschef.wordpress.com)

Saat disajikan, Gabus Pucung berwarna hitam pekat namun lezat. Sayangnya, tak banyak orang di Jakarta yang tahu tentang makanan yang satu ini lantaran tak banyak juga penjualnya.

Makanan khas betawi ini juga masuk dalam salah satu tradisi budaya Betawi yang berkembang di zamannya. Tradisi itu biasa disebut Nyorog atau mengantarkan makanan yang dimasak oleh anak untuk diberikan kepada orangtua atau oleh menantu kepada mertua.

Salah seorang warganet pemilik blog dentistvschef.wordpress.com mengabadikan kuliner khas Betawi dengan mengesankan. Hasilnya seperti Anda lihat lagi-lagi so yummy!

3. Bubur Ase

Masyarakat Betawi sebenarnya memiliki kuliner bubur nasi yang sangat sedap bernama Bubur Ase. Namun sangat menyedihkan keberadaan makanan ini malah tertutup oleh kuliner bubur lain seperti bubur ayam khas Cianjur, Cirebon, atau Sukabumi.

Bubur ase ini tampil sangat berbeda dengan jenis bubur Cianjur atau Sukabumi.

Kuliner khas betawi, Bubur Ase (Foto: Instagram rikhatiwi)
Kuliner khas betawi, Bubur Ase (Foto: Instagram rikhatiwi)

Bubur nasi ini disajikan dengan tahu, tetelan, kentang, dan disiram dengan kuah semur betawi yang terkenal sangat nikmat. Selain itu, bubur ini biasanya dinikmati dengan asinan khas Betawi sehingga memiliki rasa yang unik.

Dulu bubur ase ini banyak dijual dimana-mana, namun sayangnya saat ini bubur ase sudah semakin langka dan hampir tidak pernah terlihat lagi.

Akun Instagram @rikhatiwi mengabadikan kuliner khas Betawi ini dengan nuansa ala kekinian yang hasilnya menggoda kita untuk mencicipi makanan tradisonal yang sudah sangat langka ini.

4. Sayur Besan

Sayur besan adalah salah satu sayur khas yang biasanya hanya disajikan dalam acara besanan. Sekilas sayurnya mirip sayur lodeh. Kuah santan encer dengan tambahan bumbu cabai merah yang merekah membuatnya makin menggoda.

Sayur ini berisi irisan kentang, soun, petai, dan ebi. Keunikan sayur ini terletak pada penggunaan terubuk atau “telur” bunga tebu. Dimana terubuk merupakan tanaman musiman yang sudah langka keberadaanya.

Kuliner khas Betawi, Sayur Besan. (Foto: Instagram pratiwiliss)
Kuliner khas Betawi, Sayur Besan. (Foto: Instagram pratiwiliss)

Mengikuti namanya, sayur ini dianggap istimewa karena menggambarkan rasa hormat tertinggi kepada calon keluarga pengantin suami, atau besan.

Unggahan foto dari akun Instagram @pratiwiliss yang kuliner khas Betawi ini di ats diatas menunjukan betapa lezatnya kuliner ini.

5. Sengkulun

Makanan khas Betawi ini dikenal sebagai masakan peranakan Cina, dimana budaya Cina cukup kuat dalam budaya Betawi sejak dulu.

Kuliner khas Betawi, Sengkulun (Foto: Instagram reenaokta)
Kuliner khas Betawi, Sengkulun (Foto: Instagram reenaokta)

Sepintas, sengkulun hampir mirip dengan kue keranjang. Teksturnya yang lunak, kenyal, dan lembut terbuat dari tepung ketan, serta gula merah untuk membuat warna kue menjadi cokelat sekaligus sebagai pemanis. Umumnya sengkulun dinikmati dengan cocolan kelapa parut.

Unggahan foto dari akun Instagram @reenaokta yang memodifikasi bentuk kue tradisonal Sengkulun menjadi kekinian patut diacungi jempol. Dan pastinya tak cukup satu untuk memuaskan selera Anda.

6. Kue Dongkal

Maraknya kue kekinian ataupun kudapan modern lain seakan membuat salah satu jajanan tradisional masyarakat Betawi bernama Kue Dongkal kian tersisihkan karena tergerus perkembangan zaman.

Kue ini dahulunya dibuat dari singkong. Namun perlahan berganti dengan bahan dasar dari tepung beras.

Kuliner khas Betawi, Kue Dongkal (Foto: Instagram humaira_tsl)
Kuliner khas Betawi, Kue Dongkal (Foto: Instagram humaira_tsl)

Kue yang kini keberadaanya sudah sangat langka ini merupakan kue yang disajikan dengan lelehan gula merah serta parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam. Dahulu, kudapan ini biasa disajikan masyarakat Betawi ketika ada hajatan atau syukuran pembangunan rumah.

Jepretan foto kudapan khas Betawi yang diunggah akun Instagram @humaira_tsl benar-benar menggoda dan pastinya membuat kita bakal melahap habis si kue Dongkal ini.

7. Roti Gambang

Roti khas Betawi ini merupakan makanan tradisional sejak jaman penjajahan Belanda. Aroma khas gula merah berpadu kayu manis yang semerbak langsung tercium saat roti ini disajikan.

Roti Gambang memiliki ciri khas berwarna merah kecokelatan dengan tekstur yang mirip kue bolu. Warna merah kue ini berasal dari gula merah yang merupakan salah satu bahan utama pembuatan roti ini.

Kuliner Khas Betawi, Roti Gambang (Foto: Instagram deena_hp)
Kuliner Khas Betawi, Roti Gambang (Foto: Instagram deena_hp)

Roti Gambang sangat enak untuk dijadikan cemilan. Agar terasa lebih nikmat, bisa dicoba untuk memotong roti gambang ke ukuran lebih kecil lalu dicelupkan langsung ke teh hangat atau kopi, lalu langsung masukkan ke mulut.

Sayangnya, roti khas Betawi ini sulit didapatkan karena banyak penduduk asli Betawi tidak lagi membuat dan menjual roti ini.

Tampilan foto roti Gambang yang diunggah oleh akun Instagram @deena_hp menggugah selera kita untuk menikmati roti ini dengan secangkir kopi hangat.

Nah, Ayo sama-sama kita jaga kuliner khas Betawi agar jangan punah biar dunia tahu kelezatannya. (Sbg/Rig)

Comments