Makin Cerdas
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Pastinya kita ingin terus mengasah otak kita untuk bisa makin cerdas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan

Namun intinya untuk meningkatkan kecerdasan, kamu setiap hari perlu melakukan usaha yang tak terasa menjemukan atau membosankan.Ini artinya untuk membuat otakmakin cerdas, tak melulu harus menjadi kutu buku dan belajar ekstra keras.

Ada beberapa cara sederhana untuk membuat otak makin cerdas. Dan kenyataannya cara ini berhubungan dengan perilaku dan gaya hidup

Minum Dua Gelas Air Setelah Bangun Tidur

Perlu diketahui bahwa selama kita tidur 6-8 jam, pada dasarnya tubuh kita mengalami dehidrasi berat.

Makin Cerdas
(Foto: Pixabay)

Oleh karenanya untuk bisa mengembalikan sluruh cairan yang hilang tersebut, sangat dianjurkan ketika bangung tidur, hal pertama yang dilakukan adalah dengan minum air putih sebanyak 2 gelas.

Selain sekali lagi hal ini akan mengembalikan cairan yang hilang, juga faktanya, 2 gelas air putih di pagi hari bisa mengoptimalkan otak kita untuk melakukan berbagai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan seharian.

Minum Teh Hijau

Pasti banyak dari kita yang masih jarang mengkonsumsi teh hijau secara rutin bukan? Padahal teh hijau faktanya memiliki banyak khasiat keren terhadap tubuh kita.

Termasuk salah satunya, adalah meningkatkan gelombang otak utama (Alpha). Intinya, teh hijau mampu merangsang kerja otak dengan lebih maksimal lagi.

BACA JUGA: Sederet Bahaya Mengintai Orang yang Terlalu Sibuk

Tidur Sebentar (Napping)

Makin Cerdas
(Foto: Unsplash)

Rasanya hanya sedikit dari kita yang rajin melakukan “tidur-tiduran” (napping) terutama di siang hari. Pasalnya kita kerap merasa “nanggung”. Logikanya, mending sekalian tidur penuh saja.

Nah, bagi kita yang sudah dewasa seperti sekarang, napping sangatlah vital peranannya. Spesifiknya, kegiatan ini mampu meningkatkan efisiensi kerja otak yang alhasil, mampu membuat kita bekerja dengan lebih efisien dan tentunya, lebih bersemangat setelahnya.

Bermain Video Game

Makin Cerdas
(Foto: Pexels)

Berdasarkan penelitian berbagai ahli (dan secara logika juga), daripada menonton TV atau film, bermain video game faktanya merupakan aktivitas fun yang jauh lebih bermanfaat bagi otak kita (baca: otak akan ter-stimulasi secara signifikan).

Hal ini dikarenakan, ketika kita bermain video game, kita harus benar-benar fokus dalam menyelesaikan semua tugas / misi yang diberikan.

Belum lagi, apabila game-nya menampilkan teka-teki (puzzle) yang harus dipecahkan.

BACA JUGA: Bermain Video Game Lebih dari Sekedar Aktivitas Menyenangkan

Membaca

Makin Cerdas
(Foto: Unsplash)

Saat kita membaca, kita menyerap berbagai info-info baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Dan ketika proses penyerapan informasi baru tersebut terjadi, hal ini akan men-stimulasi (merangsang) otak kita dengan sangat signifikan.

Menulis

Makin Cerdas
(Foto: Pexels)

Sama hal-nya seperti membaca, kegiatan menulis juga memberikan stimulan yang sangat besar ke otak kita.

Hal ini dikarenakan ketika kita melakukannya, kita dituntut untuk berpikir atau menuangkan berbagai ide kreatif yang ingin kita tuangkan / sampaikan. Dan ketika melakukan ini, mau tak mau, otak dituntut untuk bekerja dengan sangat signifikan.

BACA JUGA: Sederet Topik Percakapan Intelek yang Bikin Kamu Cerdas dan Kritis

Kumpul Atau Ngobrol Dengan Teman Cerdas

Logis banget bukan? Kalau mau lebih pintar, ya berkumpul dan berbincang dengan orang-orang cerdas.

Makin Cerdas
(Foto: Unsplash)

Aktivitas ini bisa membuat kita dan lawan bicara, sama-sama bertambah dan luas  wawasannya.

Kita bisa saling bertukar info baru dan tentunya berdiskusi / berdebat jenius yang alhasil, membuat kuota otak kita semakin terisi dengan berbagai info-info baru nan cerdas. Selamat mempraktekkan ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments