Sabigaju.com – Tidur adalah kebutuhan yang sama pentingnya dengan makan. Menurut para ahli, Anda bisa benar-benar mendapatkan manfaat dari tidur jika melakukannya selama 8 jam.

Namun, ada kalanya ketika bangun tidur bukannya merasa Fresh, malah semakin malas atau malah menjadi gampang lelah.

Untuk Anda yang mempunyai banyak aktifitas jelas keadaan seperti ini akan sangat mengganggu kamu bukan?

Mengapa Seseorang Sulit Tidur Nyenyak

Ada beberapa alasan mengapa seseorang itu menjadi tidak fresh ketika bangun tidur.

Salah satunya adalah dari Robert Rosenberg spesialis tidur dan penulis buku Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day. 

Riset ini  membuktikan kalau hampir separuh perempuan dewasa usia 20 hingga 44 tahun menderita apnea tidur yang berbeda. Kondisi ini membuat Anda setop bernapas berkali-kali di tengah tidur.

Allwomenstalk juga  mencatat beberapa alasan lain penyebab tidur tidak nyenyak. Kecemasan, stres, mengudap di tengah malam, nonton film horor, cek-cok dengan pasangan, anak atau bayi juga bisa jadi penyebab tidur tak nyenyak.

Kebiasaan yang Harus Diatur Agar Mudah Tidur

Ahli medis asal India, Dr Prakash Lullamengatakan, tidur yang baik idealnya adalah enam hingga delapan jam setiap hari.

Tidur sehat tidak hanya dilihat dari segi kuantitas, tapi juga kualitas. Tidur berkualitas dipengaruhi oleh pola makan.

‘’Sebaiknya, hindari atau kurangi konsumsi makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang dibuat dari bahan segar dan alami. Dengan begitu, kualitas tidur menjadi lebih baik dan tubuh akan terasa fit.

Agar Fresh Saat Bangun Tidur

Menurut peneliti kebiasaan tidur, Dr Nerina ada lima hal yang bisa dikerjakan seseorang supaya bisa mendapatkan kualitas pada tidur, antara lain:

1. Sarapan Pagi

Menurut Dr Nerina, sarapan 30 menit setelah bangun itu menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, sarapan di pagi hari juga memberi sinyal pada tubuh bahwa seseorang tidak dalam kondisi kelaparan, sehingga pada malam berikutnya Anda akan memproduksi melatonin, hormon tidur.

2. Tunda Kopi

Dr Nerina memberikan saran jika Idealnya, tidak boleh ada kafein sebelum makan.

Banyak orang yang tidak sarapan dan hanya minum secangkir teh atau kopi pada pagi hari. Jadi mereka secara artifisial menaruh stimulan ke tubuh yang akan menghentikan produksi melatonin.

Selain itu, jangan menggunakan kafein sebagai pengganti makanan setelah pukul tiga sore. Efeknya akan membuat Anda susah tidur nyenyak.

3. Minum Air Putih

Air diperlukan oleh tubuh. Minum air putih yang banyak memiliki manfaat baik, terutama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tubuh manusia terdiri dari 70 hingga 80 persen kandungan air. Jadi agar biokimia tidur kita berfungsi optimal dan agar otak kita memproses hormon yang mengatur kita tidur, tubuh perlu terhidrasi,”ujar Dr Nerina. “Oleh karena itu, minumlah dua liter air dalam sehari.”

4. Tidur Lebih Cepat 

Fase tidur 90 menit sebelum tengah malam merupakan tahap yang sangat penting. Dalam fase tersebut tubuh memperbaiki diri di setiap level, fisik, mental, emosional dan juga spiritual.”

Dr Nerina memberikan saran untuk membiasakan diri berbaring sejak pukul 10 malam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Singkirkan Ponsel

Seberapa penting bermain ponsel sebelum tidur? Biasanya tidak terlalu penting karena kita hanya memeriksa media sosial. Oleh karena itu, untuk mendapatkan malam yang berkualitas, kata Nerina, kita perlu berhenti melihat ke layar, termasuk TV, laptop, dan tablet.

Matikan gadget satu jam sebelum tidur untuk membantu otak kita memasuki suasana istirahat.

Nerina menambahkan agar kita tidak menonton televisi di tempat tidur. “Kamar tidur Anda seharusnya bebas dari teknologi. Dan adalah sesuatu yang normal jika kita terbangun tanpa memeriksa ponsel.”

Penelitian membuktikan bahwa terbebas dari teknologi seperti ponsel dapat membuat tidur lebih nyenyak pada malam hari. (Sbg/Ary)

Comments