agar ingatan lebih tajam
Source: dream.co.id

Sabigaju.com – Selama ini kita sering mendengar bahwa otak mempunyai kemampuan menakjubkan, salah satunya adalah kemampuan untuk mengingat. Sebelumnya kita telah mendengar temuan bahwa otak manusia ternyata dapat menyimpan informasi dalam jumlah besar. Baik ingatan yang menyenangkan, menyeramkan dan bahkan memalukan.

Secara konkrit pada penelitian sebelumnya telah mengungkap kalau otak manusia memiliki kapasitas maksimal sebesar 100 Terabyte (100 TB). Namun hal tersebut nampaknya terbantahkan dengan penelitian yang lebih baru lagi.

Seorang Professor Institut Talk Terry Sejnowski yang mempublikasikan paper dalam jurnal eLife mengatakan kalau neuron pada hipokampus (bagian dalam otak kecil) berfungsi dengan menggunakan energi yang sangat kecil tapi dengan komputasi yang sangat besar.

Dari ki-ka : Nick Spitzer, Ralph Greenspan, dan Terry Sejnowski, Center for Brain Activity (CBAM)
Source :http://annualreport.ucsd.edu/2014/mindfulResearch.html

Yang dimaksud besar di sini adalah hingga kapasitas mencapai 10 Petabyte. Suatu ukuran yang cukup untuk menampung seluruh memori World Wide Web di satu bulatan bumi.

Para peneliti menemukan bahwa tiap sinapsis (struktur antara satu sel syaraf, neuron, dengan yang lainnya) secara rata-rata bisa menyimpan informasi sebesar 4,7 bit.

Meskipun daya otak dengan kapasitas memori super besar ini kadang pikiran juga punya error-nya sendiri salah satu bentuknya adalah lupa. Kalau sekali-sekali lupa masih ada tidak masalah, sob. Tapi kalau sudah dalam batas yang terlalu sering lalu baiknya bagaimana dong?

Agar Ingatan Lebih Tajam Menurut Riset

Memang ada beberapa hal yang telah ditemui dan dijelaskan sains supaya kemampuan kognitif untuk mengingat memori terhadap banyak hal dapat tajam:

1. Ikan Salmon

Dr Roshini Raj pada majalah Health mengatakan bahwa Ikan Salmon adalah salah satu makanan yang bisa menjaga memori dari kelupaan.

Menurutnya, lemak pada ikan salmon sangat kaya akan zat Omega-3 atau disebut DHA. Zat DHA pada ikan salmon ini ternyata sangat baik untuk otak. Karena kandungan dari DHA itu sendiri dapat memperbaiki fungsi kognitif dan ingatan seseorang.

2. Sayuran Hijau

Temuan lain yang terungkap Dr Roshini Raj secara sains adalah pada saat kamu makan sayuran hijau seperti bayam. Menurut Raj, mengonsumsi satu atau dua porsi bayam bisa membuat otak menjadi 11 tahun lebih muda.

3. Tidur Siang

Seorang peneliti bernama James Maas Ph.D dalam buku power sleep menemukan fakta bahwa setelah 8 jam terbangun, ada baiknya menyempatkan tidur siang secara 10 menit atau meditasi untuk mengembalikan kinerja otak kognitif hingga ke tingkatan normal.

4. Jalan Cepat 

Ternyata para ahli pernah mengadakan eksperimen dengan meminta beberapa subyek untuk jalan kaki cepat selama 15 menit dalam 3 kali seminggu. Orang-orang yang jalan kaki mengalami peningkatan fungsi otak hingga 15%. Termasuk multitasking dan mengabaikan gangguan.

Studi lain juga menemukan sesudah olahraga aerobic selama 45 menit sebanyak 3 kali seminggu, dikatakan bahwa kinerja mental akan meningkat sampai 25%. A healthy body leads to a healthy mind, dengan olahraga ternyata bukan membuat sehat tubuh saja. Melainkan dapat mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak utuk membuat seseorang lebih cerdas.

5. Makanan dengan Tryptophan

Para peneliti menemukan bahwa kadar tryptophan dapat menjaga ingatan agar tetap tajam. Apabila kadar tryptophan meningkat, para subyek akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam tes mengingat dan tes pengenalan. Untuk mendapatkan tryptophan kamu bisa memakan kalkun. Tapi jangan kebanyakan, karena akan mengakibatkan kantuk. (Sbg/Ary)
Comments