Ketika ada teman dipecat dari pekerjaannya, kecanggungan akan kita rasakan. Di satu sisi, kita ingin menunjukkan simpati akan situasi yang sedang ia hadapi. Namun di sisi lain, kita juga bingung harus menunjukkannya dengan cara seperti apa.

Dipecat hingga kehilangan pekerjaan pastilah situasi yang sangat sulit. Butuh waktu untuk mencerna semuanya dan kembali menyesuaikan diri dengan keadaan. Sebagai teman, tentu kamu ingin membantunya menghadapi keadaan sulit ini, kan? Tapi bagaimana caranya agar maksud baikmu tersampaikan tanpa sedikitpun menyinggungnya?

Dilansir dari berbagai situs, inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghibur teman setelah ia dipecat dari pekerjaan.

Mendengar dengan empati

Langkah awal untuk membantunya melewati keadaan ini adalah mencari tahu dengan pasti, apa yang dia rasakan. Jawaban dari itu bisa kamu dapatkan dengan cara mendengar. Pakai empatimu, bertanyalah jika kamu ingin tahu dan pilih kata-kata yang tidak ofensif. Misal, “Aku ikut sedih mendengar kabar ini. Aku tahu kamu telah berusaha melakukan yang terbaik untuk pekerjaanmu. Apa kamu ingin membicarakan tentang ini denganku?”

Berikan dukungan emosional

Jika temanmu merasa marah atau sedih atas apa yang menimpanya, beritahu dia bahwa kamu ada untuk memberi dukungan. Banyak orang yang mengaitkan ‘harga diri’-nya dengan pekerjaan, mungkin ia salah satunya. Kehilangan pekerjaan akan membuat dia merasa tak berdaya. Untuk itu, sampaikan padanya kalau kamu percaya bahwa dia berharga dan berdaya, dengan atau tanpa pekerjaan. Sebutkan juga spesialisasi kemampuan yang dia miliki agar dia mengingat semangat itu kembali.

Berikan dukungan ‘berwujud’

 Tawarkan sebentuk dukungan yang mungkin dia perlukan, seperti misal biaya-biaya yang ia butuhkan dan sifatnya mendesak. Jika dia menolak, jangan memaksa. Cukup beritahu dia bahwa kamu siap membantu jika suatu saat dia butuh bantuan tersebut. Nah, ketika temanmu sudah cukup bersemangat untuk melanjutkan hidup, tidak ada salahnya kamu membantu dia cari pekerjaan baru melalui koneksi yang kamu punya, iklan yang kamu lihat dan sebagainya. Tawarkan juga untuk membantu memperbarui surat lamaranya sebagai modal mencari pekerjaan baru.

Ingat untuk tidak melontarkan kata-kata yang sekiranya membuat dia semakin down seperti, “Aku tidak terbayang bagaimana jadinya jika aku tidak punya pekerjaan”, atau “Keadaan yang seperti ini yang membuatku masih enggan meninggalkan pekerjaanku kalau belum ada pekerjaan baru,” kesannya kamu tidak berempati sama sekali, terlebih jika dia adalah teman baikmu.

Tidak perlu mengeluarkan statement apa-apa, cukup dengarkan, tawarkan bantuan yang mungkin dia butuhkan, dan semangati dia untuk segera mendapat pekerjaan baru. Itulah tiga hal yang perlu kamu lakukan saat ada teman dipecat dari pekerjaannya. (sbg/Fitri)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak faridsabi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam HOT
Komentar ditutup

Lihat juga

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Masih Berlanjut

Sabigaju.com – Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6) seki…