Ketika Sahur
Memilih apa yang dikonsumsi ketika sahur. bisa membuatmu tidak merasa lemas berpuasa sepanjang hari. (Foto: medicalnewstoday.com)

Sabigaju.com – Salah satu hal penting agar kamu tidak merasa lemas dan menjadi kurang bersemangat sepanjang hari, jangan sampai salah memilih apa yang dikonsumsi ketika sahur.

Lewat pola makan yang tepat ketika sahur, puasa justru mampu membuatmu menjadi semakin sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips ketika yang bisa kamu lakukan  ketika sahur yang baik agar kamu tidak perlu merasa lemas ketika berpuasa.

BACA JUGA:  Cara Jitu Menghadapi Kondisi Kemacetan Saat Hendak Berbuka Puasa

Makan dengan Porsi yang Sewajarnya

Menyantap sahur memang sebaiknya dilakukan ketika kamu sedang berpuasa. Untuk itu, pastikan kamu menyantap sahur dengan porsi yang sewajarnya.

Jangan sampai karena hendak berpuasa, kamu jadi makan sahur dalam jumlah yang banyak dan tidak terkontrol.

Makan Sahur dengan Santai

Ketika sahur, pastikan kamu menyantap makananmu dengan santai. Kamu tidak perlu mengunyah dengan cepat dan terburu-buru karena kamu justru bisa saja tersedak karenanya.

BACA JUGA: Ramadhan Bulan Produktif, Bukan untuk Bermalas-malasan

Makan yang terburu-buru juga akan berpengaruh pada kualitas puasamu. Makan dengan cepat mampu menyebabkan kadar gula dalam darah akan terganggu dan perut menjadi cepat kosong sehingga kamu akan mudah lapar.

Mengonsumsi Makanan Karbohidrat Kompleks

Sebaiknya kamu mulai mencoba untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks.

Makanan dengan jenis ini akan dicerna dengan lama dalam tubuh sehingga membuat tubuhmu memiliki banyak energi cadangan. Selain itu, hindarilah makanan berlemak dan pedas.

BACA JUGA: Lindungilah Kami dari Godaan Nafsu Berbelanja di Bulan Puasa 

Banyak Minum Air Putih

Ketika sahur dan berbuka, pastikan kamu telah mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Jika perlu, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi air putih yang kamu minum.

Selain itu, kamu juga sebaiknya mengonsumsi buah-buahan dan sayur agar mengurangi risiko terkena konstipasi atau sembelit ketika kamu tengah berpuasa.

Jangan Tidur Selepas Subuh

Ketika sahur selesai, biasanya akan dilanjutkan dengan sholat subuh. Untuk menghindari merasa lemas ketika berpuasa, sebaiknya kamu jangan tidur kembali selepas subuh.

Hal ini disebabkan karena makanan yang kamu makan ketika sahur justru akan terbuang sia-sia. Untuk menambah manfaat puasamu, kamu dapat mengaji dan memperbanyak zikir sambil menunggu pagi datang. (Sbg/Vania)

Comments