Urin
Bau pesing pada urin ini ternyata tak datang begitu saja, urin yang berbau pesing ini bisa terjadi karena beberapa fakto yang mungkin tak kamu sadari penyebabnya. (Foto: webmd.com)

Sabigaju.com – Air urin atau air kencing kadang terasa berbau kadang tidak. Masalahnya, akan sangat mengganggu jika urinmu bau dan mengotori toilet.

Bau pesing pada urin ini ternyata tak datang begitu saja, Sob. Menurut yang dikutip dari Mens Health, urin yang berbau pesing ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Jadi, coba lakukan ini jika tak ingin urinmu bau.

BACA JUGA:

 

1. Cukup Minum Air

Menurut seorang urologis bernama Mehran Movassagi, seseorang yang mengalami dehidrasi tak hanya memiliki urin yang bau, tapi juga berwarna kuning pekat.

Bau amonia dan warna kuning pada urin ini terbentuk ketika tubuhmu mencerna protein tanpa didampingi dengan cukup cairan.

Karena pada saat tubuh mencerna banyak protein itu, maka zat bernama urea akan terbentuk. Airlah yang cukup kuat untuk mencairkan urea penyebab bau tersebut.

2. Kurangi Mengonsumsi Makanan Beraroma Tak Sedap

Ternyata, makanan juga cukup berpengaruh terhadap bau pada urin. Jika kamu makan bawang putih atau kari, maka urinmu akan terasa bau sedikit amis atau berbau sulfur.

3. Kurangi Kopi agar Urin tak Berbau

Kopi mengandung zat bernama caffeol yang akan keluar jika kopi dipanggang. Nah, kandungan ini tak akan larut dalam air dan akan keluar ketika kamu kencing nanti.

Bau kopi juga akan terasa kalau kamu tidak cukup minum air. Jadi, untuk mengurangi aroma kopi pada urin, kamu perlu minum air putih yang cukup.

4. Infeksi Saluran Kemih

Urin yang bau bisa terjadi karena kamu mengalami infeksi pada saluran kemih. Bakteri yang menyerang saluran kemihmu ini bisa membuat urinmu bau bahkan berdarah!

So, pastikan kamu tidak mengalami nyeri saat kencing dan tak ada darah pada urinmu. Jika terasa hal seperti itu, maka kamu perlu ke dokter untuk mendapat penanganan.

5. Pengaruh Obat-obatan

Obat-obatan juga ternyata memengaruhi aroma urinmu. Apa kamu pernah merasa bahwa air urinmu berbau obat atau berbau bahan kimia?

Ya, obat atau bahkan suplemen bisa mengubah bau urin atau bahkan warnanya. Tapi selama kamu mengonsumsinya dengan baik dan sesuai anjuran yang ada, maka ini tidak berbahaya.

6. Diabetes

Jika urinmu berbau manis atau fruity, maka kamu bisa saja terindikasi diabetes. Ini bisa dibarengi dengan gejala sering pusing, pandangan kabur, cepat lelah dan sering merasa haus.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah, berkonsultasi pada dokter dan tentu saja mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi.

Ternyata aroma urinmu bisa jadi indikasi kondisi fisik , Sob. Nah, kalau memang ternyata aroma bau pada urinmu ini menandakan bahwa kesehatanmu terancam, tentu saja kamu harus sigap berkonsultasi pada dokter.

Tapi jika ini karena asupan kamu yang sembarangan, segera diperbaiki agar toiletmu tak bau ya! (Sbg/Dinda)

Comments