Tidur nyenyak
(Foto: Pexels.com)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang memilih mendengarkan musik  ataupun lagu tertentu guna membantunya lebih santai dan tertidur lebih cepat dan bahkan mampu membantu bangun lebih segar di pagi hari.

Lantas lagu seperti apa yang dapat dijadikan sebagai tembang pengantar agar tidur kita bisa lebih nyenyak dan bangun dengan segar? Apakah musik klasik,  pop atau jenis musik nature sound?

Nah Biar kamu nggak penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Jadikan Hobi bermusik Agar Mendatangkan Cuan

Lagu Khusus untuk Memelankan Detak Jantung

Sejumlah  terapis suara dan grup band Marconi Union asal Manchester pernah menciptakan sebuah lagu khusus yang diberi judul Weightless  oleh Marconi Union dan Lyz Cooper, pendiri British Academy of Sound Therapy.

Lagu Weightless ternyata dibuat untuk mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan memelankan detak jantung pendengarnya.

Alunan nada  itu merupakan harmonisasi suara gitar, piano dan suara elektronik alam dan dikerjakan dengan menggunakan irama yang spesifik, nada, frekuensi dan interval yang membuat pendengarnya merasa santai.

Marconi Union menciptakan lagu Weightless
(Sumber: instagram.com/marconiunion)

Ajaibnya  saat lagu tersebut diperdengarkan kepada sejumlahpeserta yang turut dalam penelitian, ternyata  bisa membuat mereka lebih santai daripada lagu-lagu Enya, Mozart dan Coldplay.

Irama 60 ketukan per menit (BPM, beat per minute) menyebabkan gelombang otak dan detak jantung menyesuaikan diri dengan lagu ini. Proses ini dikenal sebagai ‘entrainment’.

Nada yang rendah menyebabkan pendengarnya merasa rileks dan suara desingan yang rendah dengan gaya seperti trance membawa pendengar ke dalam keadaan yang tenang semakin dalam.

BACA JUGA: Jadikan Musik Sebagai Alarm Bangun Tidur

Nggak Boleh didengarkan Saat Berkendara

Menurut Dr David Lewis, soerang dokter spesialis stres mengatakan,”Musik instrumen ‘Weightless’ menimbulkan relaksasi yang sangat nyata, lebih daripada musik lain yang pernah diuji.

Studi terhadap pencitraan otak menunjukkan bahwa musik itu bekerja dalam sebuah tingkat yang sangat rendah di dalam otak.

Musik ini menstimulasi wilayah dalam otak yang bertanggung jawab memroses suara. Selain itu musik ini juga menstimulasi wilayah yang berhubungan dengan emosi.”

Penelitian ini mengungkapkan bahwa lagu ini membuat orang lebih santai daripada saat dipijat, berjalan, atau meminum secangkir teh.

Begitu dalam dampaknya bagi tubuh untuk bersantai, para ahli menyarankan orang tidak mendengarkan lagu ini ketika mengemudi kendaraan.

BACA JUGA: Jenis Musik yang Sangat Baik untukmu di Masa Pandemi 

Delapan Menit Tanpa pengulangan Nada

Sementara itu Lyz Cooper menyebutkan bahwa saat mendengarkan Weightles, jantung mu akan berdetak menyesuaikan dengan nada lagu.

Lagu ini dibuat sepanjang delapan menit karena dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk proses penyesuaian itu. Turunnya detak jantung juga akan memengaruhi turunnya tekanan darah.

“Interval harmoni musik ini telah dipilih untuk terciptanya rasa euforia dan nyaman. Tidak ada pengulangan melodi sehingga orang tidak lagi mencoba  menebak nada apa yang akan muncul kemudian,” ujar Cooper.

Lebih lanjut Cooper mengatakan bahwa di sepanjang alunan musik ini akan muncul bunyi lonceng secara acak yang akan membantu untuk mengantar ke keadaan rileks yang semakin dalam.

“Elemen akhir lagu ini adalah desingan suara rendah dan senandung . Nada rendah ini akan mengantar pendengarnya ke keadaan seperti sedang trance,” tutup Cooper,

Nah buat kamu yang susah tidur  sepertinya kamu harus mendengarkan lagu ajaib Weightles. (Sbg/Rig)

Comments