Laga klasik antara dua klub PSMS Medan menghadapi Persib Bandung bakal berlangsung pada Minggu (21/1) di stadion GBLA Bandung.
Laga klasik antara dua klub PSMS Medan menghadapi Persib Bandung bakal berlangsung pada Minggu (21/1) di stadion GBLA Bandung.

Sabigaju.com – Kemenangan di laga perdana Piala Presiden 2018 membuat Tim Ayam Kinantan, PSMS Medan percaya diri menghadapi laga berikutnya lawan Persib Bandung.

PSMS menang 2-1 atas PSM Makassar dalam laga pertama kedua tim di Grup A Piala Presiden 2018. Kemenangan itu membawa Ayam Kinantan ke puncak klasemen, sementara di bawahnya ada Persib Bandung yang menang tipis 1-0 dari Sriwijaya FC di laga pembuka.

Bagi PSMS kemenangan tersebut menjadi modal bagus dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk menghadapi Persib pada Minggu, (21/1) di stadion GBLA, Bandung.

Mana yang Bakal Unggul, Persib or PSMS?

https://www.instagram.com/p/BeA3e6Tl3QD/?taken-by=ligasatuindonesia

Laga antara PSMS Medan menghadapi Persib Bandung di Piala Presiden 2018, seakan menjadi El-clasico Indonesia yang bakal membangkitkan romantisme sejarah masa silam.

Pasalnya kedua tim terlibat persaingan keras sejak zaman Kompetisi Perserikatan hingga Liga Indonesia. Persaingan keduanya terhenti ketika PSMS tereliminir dari kompetisi elit Indonesia.

Namun apakah laga keduanya bakal berlangsung seru mengingat kondisi kedua tim tidak lagi setara? Persib sudah menjadi raksasa di kompetisi elit Indonesia. Sementara Ayam Kinanta baru bangkit dari keterpurukkan dan kembali mentas di Liga 1.

Melihat kenyataan tersebut, siapakah  yang bakal unggul dalam pertarungan yanga akan berlangsung pada Minggu nanti?

Sebagai catatan, total pertemuan Persib melawan PSMS mencapai 52 kali di berbagai kompetisi sejak tahun 1952.

El Classico Persib Vs PSMS

Di luar laga persahabatan, Persib bertemu PSMS Medan terakhir kalinya, pada lima tahun lalu di Stadion Teladan, Medan tepatnya pada 17 Juni 2012. Saat itu PSMS berhasil menaklukkan Persib Bandung dengan skor 3-2.

Kemenangan atas Persib itu sebagai upaya balas dendam setelah sebelumnya Senin 9 Januari 2012 mereka dikalahkan Persib dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Persib dan PSMS telah berjumpa sebanyak tiga kali di final Perserikatan pada tahun 1967, 1983, dan 1985. Persib awalnya kalah dari PSMS pada final Perserikatan musim 1966/67 dengan skor 2-0.

Tensi memanas ketika kedua tim bertemu di final Perserikatan 1983/84. Pada saat itu, Persib yang merupakan tim promosi berhasil melaju ke final untuk meladeni PSMS di Stadion Senayan.

Kala itu PSMS medan berhasil menjadi juara usai menang 3-2 melalui drama adu penalti.

Puncak persaingan Persib vs PSMS kembali terjadi dua tahun kemudian pada final Perserikatan 1985 di Stadion Senayan. Partai ini merupakan salah satu sejarah sepakbola Indonesia karena memecahkan rekor penonton.

Menurut buku Asian Football Confederation (AFC) terbitan 1987, pertandingan ditonton oleh 150 ribu orang yang merupakan pertandingan terbesar dalam sejarah pertandingan amatir dunia.

Pertandingan berlangsung sangat seru serta dramatis. Persib yang sempat tertinggal 0-2 dari PSMS mampu menyamakan kedudukan dan memaksa PSMS untuk berlanjut ke babak penalti.

Namun keberuntungan kala itu belum memihak Maung Bandung, di babak adu penalti, tim asal Bandung itu takluk 1-2 dari PSMS. (Sbg/Rig)

Comments