Pakaian

Sabigaju.com – Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok selain makanan dan tempat tinggal. Pada dasarnya, pakaian diperlukan untuk melindungi tubuh.

Namun seiring berkembangnya zaman, pakaian juga menjadi satu hal yang bisa memperbaiki penampilan.

Nah, pakaian juga jadi salah satu yang akan menjadi limbah yang merusak bumi. Menurut data dari Fashion Industry Waste Statistics, industri tekstil dan pakaian adalah pencemar terbesar kedua setelah minyak.

For most, para kaum milenial juga makin konsumtif untuk memenuhi style mereka. Semua fashion item mereka harus up to date. Tanpa disadari, mereka turut menyumbang limbah terbesar untuk planet kita.

Semua sebetulnya bisa diatasi, salah satunya dengan cara merawat pakaianmu agar umurnya tak memendek. Nah berikut  beberapa cara agar pakaianmu tak cepat rusak.

BACA JUGA: Bumi dan Lingkungan Makin Rusak karena Fesyen

Cek Cara Perawatan Pada Labelnya

Biasanya sebuah brand akan memberi info pada pelanggannya apa saja treatment yang harus dilakukan untuk produknya.

Apakah pakaian harus dicuci dengan mesin, bagaimana suhu air yang dipakai untuk mencuci, bagaimana menyetrikanya dan lain-lain.

Air Dingin

Jika pada label tak disebutkan suhu air 60 derajat, maka kamu bisa memakai air dingin untuk mencucinya.

Air dingin bisa mengurangi kerutan pada kain yang bisa mengurangi energi pada saat disetrika. Air dingin juga bisa meminimalisasi pelepasan microfiber dari kain ke air.

Laundry bag

Kamu bisa menggunakan laundry bag untuk menyaring microfiber agar nantinya tidak lepas ke saluran air yang berlanjut ke tanah, sungai dan laut.

BACA JUGA: Fast Fashion Punya Dampak Buruk Terhadap Lingkungan

Perbaiki

Kamu harus bisa memperbaiki pakaian yang rusak sebelum menggantinya dengan yang baru.

Misalnya menjahit bagian yang robek, memberi aplikasi pada bagian yang robek tak bisa diperbaiki, serta memotong celana panjang yang bagian bawahnya terkena luntur.

Dibalik

Artinya, kamu harus mencuci busana dengan cara membaliknya agar warna tak luntur dan bergesekan dengan pakaian lain.

Tak hanya ketika mencucinya, kamu juga harus melakukan hal tersebut ketika menjemurnya.

Eco-laundry

Kamu bisa membuat sabun sendiri dari baking soda, eco-enzyme, lerak dan lain-lain yang memang tidak merusak fesyen. Tentu saja ini juga ramah lingkungan.

Penyimpanan

Untuk penyimpanan, ada trik tersendiri bagi beberapa jenis fesyen. Misalnya saja sweater yabg harus dilipat agar bahan wolnya tidak meregang atau kancing baju dan resleting yang yang tertutup agar tak merobek pakaian lain.

Penyimpanan juga tak boleh kedap udara. Simpan di suhu ruangan dan kering.

BACA JUGA: Pria Mampu Menghabiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Pakaian

Jemur dengan udara

Jangan menjemur busana di bawah terik matahari langsung karena akan merusak warna. Namun ini tidak berlaku pada pakaian yang bahannya terlalu tebal.

Selain memang demi kelestarian alam, perawatan pakaian seperti ini bisa menghemat pengeluaranmu karena tak mudah rusak. Mau mulai mencoba? (Sbg/Dinda)

Comments