kurang tidur
Kekurangan tidur banyak kerugiannya, terutama bagi kaum adam. Apalagi ternyata berdampak buruk pada kualitas seksual hubunganmu dengan pasangan. Foto: ravishly.com)

Sabigaju.com – Manusia dianjurkan untuk mendapatkan tidur sekitar delapan jam setiap harinya. Namun, gangguan kurang tidur juga banyak dialami banyak orang, lho.

Pekerjaan yang menumpuk, menghabiskan waktu bersama teman-teman ataupun insomnia membuat delapan jam untuk tidur jarang dimiliki oleh sebagian orang. Waktu tidur yang tidak cukup memiliki efek yang buruk bagi kesehatan baik secara fisik ataupun psikologis.

Selain itu, kurang waktu itu juga mempengaruhi kehidupan seksual. Untuk anda yang sering tidur di bawah delapan jam, berikut dampak kurang tidur bagi kehidupan seksual kamu:

1. Menurunnya Testosteron

Testosteron adalah hormon utama yang dimiliki oleh pria. Hormon inilah yang memberikan anda dorongan untuk tetap berenergi dan bergairah terutama saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Salah satu hal yang memiliki pengaruh terhadap level testosteron anda adalah waktu tidur. Sebuah studi dari Universitas Chicago yang mengukur waktu dan kualitas tidur lelaki melalui gelang dengan teknologi tinggi.

Dalam studi tersebut, hormon testosteron pria diukur ketika subject terbangun di pagi hari. Hasilnya, pria yang tidur sekitar empat jam menunjukkan tingkat testosteron lebih rendah daripada yang tidur delapan jam. Jadi, mendapatkan tidur cukup sangat mempengaruhi tingkat hormon testosteron pada anda.

2. Kurang Tidur Bikin Kurang Fokus

Ketika tidur, tubuh anda mendapatkan waktu untuk berisitirahat atau memulihkan diri. Dengan kurang tidur, kita memaksa tubuh kita untuk bekerja dan mengurangi waktu untuk memulihkan diri.

Seorang spesialis tidur dan juru bicara American Academy of Sleep Medicine, Shalini Paruthi mengatakan seseorang yang kurang tidur memiliki kemungkinan untuk melakukan kesalahan di tempat kerja tanpa menyadari kesalahan itu sendiri.

BACA JUGA:

Shalini menambahkan jika seseorang tidak tidur, ia akan menjadi ceroboh. Kecerobohan inlah yang dapat menghambat anda menemukan pasangan ataupun menurunkan gairah anda pada saat di tempat tidur,

3. Kualitas Sperma

Bukan hanya mengurangi gairah seksual, tidur yang cukup juga mempengaruhi kesuburan anda. Sebuah studi di Denmark yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menyatakan jumlah sperma pada pria akan menurun apabila kurang tidur.

Dalam penelitian tersebut ditemukan mereka yang kurang tidur memiliki kualitas semen yang rendah. Hal ini terjadi karena sebagian besar sekresi hormon yang ditentukan oleh siklus alami tubuh. Saat siklus tidur anda terganggu, tubuh anda tidak akan mengeluarkan banyak hormon reproduksi yang mempengaruhi kesuburan secara keseluruhan.

Tidur juga memiliki dampak pada kekebalan dan kesehatan tubuh. Keduanya memiliki peranan yang kuat pada kesuburan reproduksi pria ataupun wanita.

4. Disfungsi Ereksi

Tidur sangat penting untuk memperbaiki kehidupan seksual anda karena faktanya kurang tidur dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki pengaruh secara langsung dengan disfungsi ereksi (DE).

Sebuah studi yang diluncurkan dalam Journal of Sexual Medicine, terdapat peneliatian yang mengambil 401 subject pria dengan kesulitan tidur atau sleep apnea. Dalam peneliatian tersebut sekitar 70 persen subject mengalami disfungsi ereksi. Oleh sebab itu, waktu tidur yang buruk dapat mempersulit anda untuk ereksi. (Sbg/Ammy)

Comments