Pertarungan antara sosok Daredevil dengan Punisher sering menjadi gambaran yang pas untuk didefinisikan sebagai pertarungan antara superhero dengan antihero (Foto: Netflix)

Sabigaju.com – Bagi kita-kita yang fans terhadap segala sesuatu yang berbau superhero, pastinya kita pernah mendengar istilah anti-hero. Dan faktanya, masih banyak yang gagal paham dengan istilah tersebut.

Bahkan saking gagal pahamnya, masih banyak yang sulit untuk membedakan mana karakter komik superhero yang memang superhero, dan yang mana yang jelas-jelas anti-hero.

Nah, apabila kalian adalah salah satu yang gagal paham, langsung saja deh simak pembahasannya berikut ini.

Superhero

Berdasarkan definisi dari Cambridge Dictionary, superhero adalah: “a character in a film or story who has special strength and uses it to do good things and help other people” atau;

“someone who has done something very brave to help someone else”.

Dari kedua definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa superhero adalah sosok karakter yang kekuatan supernya digunakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Dengan kata lainnya lagi disini, superhero = good guy.

Beberapa contoh karakter yang termasuk golongan superhero adalah: Superman, The Flash, Captain America, Thor, Martian Manhunter, Spider-Man, Wonder Woman, Aquaman, Green Lantern, dan lain-lain.

Pengertian Anti Hero

Menurut definisi dari Cambridge Dictionary, antihero adalah: “The central character in a play, book, or film who does not have traditionally heroic qualities, such as courage, and is admired instead for what society generally considers to be a weakness of their character.”

Merriam-Webster mengatakan bahwa antihero, “a protagonist or notable figure who is conspicuously lacking in heroic qualities.”

Urban Dictionary memberikan definisi, “A protagonist that lacks the characteristics that would make him a hero. Most of them are social outcasts, who have no desire for foolish things such as ‘friendship’ or ‘trust.”

(Foto: Instagram deadpoolmovie)

Dari ketiga definisi yang berbeda satu sama lain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa antihero, adalah sosok yang tidak memiliki nilai-nilai heroik namun, ia tetap memberikan pertolongan dikarenakan ia menganggapnya sebagai sebuah tindakan yang memang harus dilakukan.

Intinya, anti-hero adalah sosok yang bertindak sesuai dengan penilaian (judgment) yang dimilikinya. Ia tidak peduli apabila di sekitarnya menganggap aneh atau salah.

Selama ia menganggap bahwa apa yang dilakukannya benar, maka ia pun tetap akan melakukannya bahkan, menganggapnya sebagai tindakan yang heroik.

Beberapa contoh antihero adalah: Deadpool, Lobo, The Punisher, Wolverine, Magneto, Catwoman, Venom, dan lain-lain.

Antihero = Netral

Sehingga berdasarkan pernyataan tersebut, tak heran apabila seorang anti-hero, digambarkan sebagai sosok yang netral (tidak memihak). Namun di saat yang sama, bukan berarti dirinya tidak berpotensi untuk memihak pada akhirnya.

Semua tergantung pada perjalanan hidup dan pergaulan yang ia lakukan setiap harinya. Contoh, Deadpool yang notabene adalah antihero, dikarenakan ia lebih sering membantu / membela pihak-pihak protagonis, lama kelamaan, diapun dianggap sebagai superhero.

Foto: Instagram thepunisher)

Hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap sosok anti-hero favorit sejuta umat, Frank Castle aka The Punisher. Seperti kita tahu, The Punisher adalah sosok antihero yang tidak takut untuk membunuh orang lain secara kejam.

Di awal kemunculannya, ia kerap dihadang Daredevil dan Spider-Man yang tidak menyetujui cara main hakim sendirinya (vigilantism). Namun lama-kelamaan, dikarenakan keduanya dan pembaca melihatnya lebih sering disisi kebaikan, maka dia pun dianggap sebagai hero.

Sebaliknya sosok seperti Erik Lehnsherr aka Magneto dan Selina Kyle aka Catwoman, dikarenakan ia sering ditampilkan sebagai sosok yang lebih di sisi jahat atau kriminal, maka hingga detik ini mereka dianggap sebagai villain.

Namun perlu diingat. Walau pada akhirnya kerap dianggap sebagai hero atau villain, mereka pada akhirnya adalah anti-hero. Mereka tetaplah memiliki pendirian dan pandangan kuat sendiri dalam memberikan keputusan dan menjalani aksinya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan antara superhero dan anti-hero. Jangan gagal paham lagi ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments