Kuliner Yogurt
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sudah sejak lama kuliner yogurt dikenal sebagai  makanan sehat yang bisa membantu kita dalam mencegah mengonsumsi makanan tidak sehat.

Selain berbagai enzim baik kuliner yogurt juga kaya akan kalium, fosfor, dan magnesium, yang semuanya penting untuk fungsi-fungsi tubuh.

Dan, ternyata kuliner yogurt juga bermanfaat dalam meningkatkan urusan kepuasaan hidup lantaran dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih positif dan ceria, serta meredakan tingkat depresi.

BACA JUGA: Tren Kuliner Superfood yang Bakal Hype di Tahun 2020 

Study tentang Yogurt  Meredakan Depresi

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Scientific Reports, menunjukkan, bahwa kuliner yogurt juga dapat membantu memerangi depresi.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Virginia. Penulis studi Asisten Profesor Alban Gaultier mengatakan, perawatan yang tersedia untuk menghilangkan gejala depresi tidak begitu baik, karena mereka memberi banyak efek samping.

Jadi, penting untuk mencari pengobatan alternatif lain yang efektif. Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengekspos tikus pada tingkat stres yang lebih tinggi hingga mulai menunjukkan gejala depresi.

Kemudian para peneliti melakukan perbandingan tingkat bakteri sebelum dan sesudah. Mereka menemukan hubungan yang jelas antara tingkat bakteri usus dan kesehatan mental.

BACA JUGA: Waspada Terhadap Produk Kuliner Olahan Cokelat

Terungkap bahwa tingkat Laktobasilus dalam usus memengaruhi tingkat metabolisme darah yang disebut kynurenine, yang terkait dengan perkembangan depresi.

Ketika Laktobasilus ditambahkan ke dalam makanan tikus, tikus tersebut dapat pulih secara instan. Laktobasilus sendiri membantu menyeimbangkan kadar kynurenine dalam darah.

Ketika tingkat Laktobasilus di usus menurun, kita akan mulai melihat gejala-gejala depresi. Penelitian ini masih pada tahap awal dan studi lebih rinci diperlukan untuk mendalaminya.

Penelitian ini juga hanya diuji pada tikus dan peneliti hanya dapat mengamati gejala depresi, karena tikus tidak dapat mengungkapkan bagaimana perasaan mereka.

BACA JUGA: 3 Jenis Kuliner Kacang yang Bikin Cowok Garang di Ranjang

Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsinya?

Nah, kalau tiba-tiba rasa galau melandamu, kamu bisa mencoba mengonsumsi kuliner yogurt yah Gaes untuk meningkatkan suasana hati .

Kandungan dalam yogurt bisa dibilang hampir lengkap, karena mengandung protein, kalsium, dan vitamin B 12 yang bisa membuatmu merasa tenang dan bahagia.

Dan perhatikan, waktu terbaik mengonsumsi kuliner yogurt sebaiknya dilakukan saat snacking time. Pasalnya, saat itu bakteri baik yang ada dalam kuliner yogurt justru akan terserap dengan baik.

Sebaliknya, ketika perut terisi makanan, tubuh cenderung akan memprioritaskan makanan utama, sehingga yogurt tidak lagi dicerna dengan baik.

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, kamu wajib mengonsumsi kuliner yogurt yah setiap hari.(Sbg/Rig)

Comments