Kuliner Nikmat
(Sumber foto: Vintage news)

Sabigaju.com – Ada sejumlah kuliner nikmat , namun kenyataannya, justru sangatlah berbahaya apabila dikonsumsi oleh tubuh kita.

Dan apa saja kuliner yang mesti diwaspadai tersebut? Berikut adalah sederet kuliner nikmat namun mematikan yang mesti kamu waspadai untuk kamu konsumsi.

Belimbing

Kuliner Nikmat
(Foto: ensiklonesia.com)

Walau kaya akan Vitamin C, namun faktanya kuliner nikmat buah belimbing tidaklah aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki ginjal yang lemah.

Hal ini karena di dalam minumannya, terkandung neuro toxins yang bisa merusak otak dan saraf-saraf tubuh lainnya.

Kacang Mete

Kuliner nikmat ini i kerap dimakan oleh kita ketika sedang ingin ngemil. Dan memang snack ini enak banget.

Namun kalau bisa, pelan-pelan hentikan makan makanan ini. Karena kacang mete mengandung zat urushiol yang sangat tinggi. Zat kimia ini kerap ditemukan dalam salah satu daun berbahaya di dunia ini, Poison Ivy.

Feseekh

feseekh adalah makanan tradisional bangsa Mesir yang merupakan fermentasi dari ikan Mullet yang rasanya asin.

Ikan ini harus dikeringkan di panas sinar matahari dan, digarami berminggu-minggu sebelum bisa kita makan dengan aman.

Nah, yang menyebabkan ikan ini berbahaya adalah jika tidak diolah dengan kadar garam yang cukup atau saat ditangkap ikan itu sudah mati.

Inilah yang menyebabkan adanya bakteri C. botulinum yang menyebabkan botulisme alias kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium.

BACA JUGA: Dampak Mengerikan Terlalu Sering Menyantap Kuliner Ayam 

Kerang Darah

kuliner nikmat
(Foto: Wikipedia)

Jenis kerang yang berasal dari laut Cina ini, merupakan kerang yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan kerang ini minim mendapatkan oksigen.

Alhasil, membuat kerangnya terekspos virus dan bakteri yang sangat berbahaya. Apabila terkonsumsi oleh tubuh, penyakit-penyakit seperti: Hepatitis A, Hepatitis E, disentri, dan Tipoid, akan langsung menyerang tubuh kita.

Ikan Buntal

Ikan ini termasuk salah satu kuliner nikmat yang dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Walau mungkin terasa enak, namun faktanya ikan ini, mengandung zat berbahaya seperti: Neurotoxin dan Tetrodotoxin.

Kuliner nikmat
(Foto: Zona Sultra.com)

Nah dua zat ini apabila sampai masuk ke dalam tubuh, kedua zat ini bisa membuat kita sesak hingga bisa melumpuhkan (paralyze) tubuh kita.

Melihat dampak mengerikan tersebut, maka tak mengherankan apabila koki-koki di Jepang harus melalui latihan berpuluh-puluh tahun agar bisa menyajikan makanan favorit ini dengan sangat aman.

BACA JUGA: Sederet Kombinasi Kuliner Terlarang untuk Kamu Konsumsi 

Ackee

Kuliner Nikmat
(Foto: fineartamerica.com)

Ackee adalah buah khas di Jamaika. Walau terlihat eksotik dan menggoda untuk dimakan, faktanya buah ini mengandung hypoglycin.Hypoglycin adalah racun yang terdapat di biji bunga hitam yang ada di buahnya ini.

Apabila kita nekad untuk memakannya, dijamin kita bakalan langsung muntah-muntah dengan sangat hebat.

BACA JUGA: Menyantap Makanan yang Sama Setiap Hari, Berbahaya Gaes

Otak Monyet

Merupakan makanan yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Asia, otak monyet bisa dinikmati dengan dipanggang, dimasak, atau bahkan mentah-mentah.

Walau banyak yang menganggap makanan ini enak banget, namun mengkonsumsi makanan ini, akan bisa membuat kita terserang penyakit bernama Creutzfeldt-Jakob.

Bagi yang belum mengetahui, penyakit tersebut, merupakan penyakit yang bisa melemahkan sistem saraf tubuh kita atau dengan kata lain, jaringan otak menjadi rusak total.

Oleh karenanya, waspada yah gaes dan sebisa mungkin, hindari kuliner nikmat namun mematikan tersebut. (Sbg/Mrv)

Comments