Udara panas disaat Musim Kemarau
(Foto: Pixbay.com)

Sabigaju.com – Suhu udara dan cuaca di Kota Jakarta dan sekitarny aakhir-akhir ini terasa begitu panas. Rasa Gerah begitu terasa kala pergi keluar rumah di musim kemarau ini.

Untuk itu kamu perlu nih memperhatikan, jangan sampai kita kekurangan cairan saat musim kemarau karena banyak berkeringat. Tubuh yang dehidrasi bisa ditandai dengan tenggorokan kering, merasa pusing, mudah lemas, kejang, hingga gangguan ginjal.

Salah satu cara untuk mengurangi temperatur dalam tubuh di musim kemarau, adalah dengan mengonsumsi makanan yang memberi efek dingin dan juga kaya akan kadar air dan kaya nutrisi.

Berikut sejumlah makanan kaya air dan nutrisi yang tak hanya mampu meningkatkan stamina, namun juga tingkatkan imun tubuh di tengah banyaknya penyakit menular di musim kemarau, seperti flu hingga DBD.

BACA JUGA: Makan Siang Sehat Bikin Kita Merdeka dari Penyakit 

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di musim kemarau berkat kandungan cairannya yang mencapai 96 persen.

Semangka
(Foto: Pexels.com)

Mengonsumsi buah  yang dagingnya  berwarna merah ini sarat akan serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, dan potasium.

Semangka juga dapat mengurangi risiko kanker dan stroke karena diperkaya oleh antioksidan likopen.

2. Mangga

Buah tropis dengan rasa manis asam ini sangat cocok untuk dibuat jus atau pun dikonsumsi langsung saat musim kemarau.

mangga sangat aik di konsumsi saat musim kemarau
(Foto: Unsplash.com)

Mangga adalah sumber kalium yang dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Jadi mangga salah satu buah yang harus kamu santap saatmusim kemarau,

BACA JUGA: Sulitnya Manusia Berhenti Menyantap Makanan Sampah 

3. Timun

Makanan yang biasa dijadikan lalapan ini adalah sayuran yang cocok dimakan saat musim kemarau seperti saat ini.

(Foto: Unsplash.com)

Rasanya yang manis dan menyegarkan tidak akan membuat dirimu enggan mengkonsumsinya. Timun juga mengandung air dalam jumlah yang melimpah, sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi, serta membantu membuang racun dalam tubuh.

4. Jeruk

Salah satu buah paling populer ini mengandung cairan yang cukup banyak, sekitar 88 persen beratnya adalah dari air.

Air Jeruk
(Foto: Pixabay.com)

Jeruk juga diketahui sebagai salah satu sumber vitamin C yang mampu meningkatkan fungsi imun tubuh dan kesehatan jantung.

Selain itu, buah berwarna oranye ini juga diperkaya oleh antioksidan penangkal berbagai penyakit.

5. Air kelapa

Kalau kamu bosan dengan air putih, air kelapa bisa menjadi alternatif yang baik buat kamu konsumsi di musim kemarau ini.

(Foto: Freepik.com)

Air kelapa juga diperkaya dengan kandungan elektrolit yang dapat membantu menghidrasi tubuh dengan cepat setelah beraktivitas.

Meminum air kelapa setelah berolahraga terbukti lebih sehat dibandingkan minuman isotonik, karena minuman isotonik kemasan umumnya mengandung banyak gula.

BACA JUGA: Makan Ikan Masih Minim di Negeri Maritim 

6. Puding

Puding juga bisa menjadi camilan sehat dan praktis di saat cuaca panas. Kamu juga bisa menambahkan puding dengan topping buah-buah segar.

(Foto: Instagram.com/marthaspastry_)

Pilihlah buah yang mengandung vitamin C seperti  buah stroberi, melon, kiwi, dan mangga sebagai pilihan untuk menyajikan puding buah sebagai kudapan saat  sore hari di musim kemarau.

7. Yoghurt

Susu hasil fermentasi ini mengandung mineral seperti kalium, kalsium, protein dan vitamin yang baik untuk tubuh.

yogurt
Foto: Pexels.com)

Kandungan protein yogurt bisa menjadi alternatif mengisi perut dan menghindarkanmu dari keinginan ngemil makanan tidak  sehat disaat musim kemarau ini. (Sbg/Rig)

Comments