Salah satu kuliner kaki lima legendaris di kota Jakarta adalh kuliner Gultik (gulai tikungan) yang berada di kawasan Blok M Jakarta Selatan.(Foto: Instagram yuna_sinuraya)
Salah satu kuliner kaki lima legendaris di kota Jakarta adalh kuliner Gultik (gulai tikungan) yang berada di kawasan Blok M Jakarta Selatan.(Foto: Instagram yuna_sinuraya)

Sabigaju.com – Tak diragukan, kalau Jakarta memang kaya akan wisata kuliner. Mulai dari restoran sampai pinggir jalan, banyak makanan enak yang dijajakan. Salah satu kawasan yang patut dikunjungi ketika berwisata kuliner adalah Blok M, Jakarta Selatan.

Nah, salah satu kuliner kaki lima yang cukup laris dan legendaris yang eksis sejak tahun 80-an hingga kini di Jakarta adalah Gulai Tikungan alias Kuliner Gultik.

Kuliner kaki lima gerobak pikul milik yang berada di sepanjang Jl. Mahakam dan Jl. Raya Bulungan, kawasan Blok M Jakarta Selatan ini merupakan salah satu sentra kuliner malam legendaris.

Kuliner Kaki Lima yang Tak Pernah Sepi

Nama Gultik memang awalnya merujuk pada tempat jualannya. Dimana mereka mangkal persis di tikungan Jalan Bulungan hingga pindah ke depan tikungan Plaza Blok M.

Ciri khas yang paling menonjol dari deretan gerobak pikul pedagang Gultik ini terletak pada payung yang menaungi tiap gerobak. Bahkan, hampir semua pedagang menggunakan payung warna-warni untuk menaungi gerobak pikul mereka.

Walaupun tergolong kuliner kaki lima, gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini.

Sentra kuliner gultik Blok M beroperasi mulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Ada juga beberapa pedagang gultik yang beroperasi sejak siang hari. Namun sebagian besar memilih berjualan sejak sore hingga larut malam. Semakin larut malam, pengunjung yang berdatangan semakin banyak.

Kuliner Gultik  yang Kaya Rempah

Yang menjadikan gultik ini selalu ramai adalah rasa dari gulai itu sendiri. Gulai yang dijual di kawasan ini merupakan gulai sapi. Gulai khas Solo ini punya citarasa gulai daging sapi yang khas berbalur wangi rempah-rempah

Kuliner murah di Jakarta satu ini adalah masakan gulai lezat yang dimasak dalam kuali. Pedagang menggunakan beberapa bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan.

Gulai dengan kuah santan yang tidak begitu kental dan rasanya yang gurih disiramkan diatas sepiring nasi, ditambah taburan bawang goreng, kecap, dan kerupuk. Untuk kamu yang menyukai pedas, kamu bisa meminta sambal pada pedagang.

Rasanya memang sederhana namun tetap menggugah selera. Gurihnya gulai dipadu dengan manisnya kecap dan pedasnya sambal cukup untuk membuat ketagihan.

Tapi, untuk kamu yang biasa makan banyak, seporsi Gultik pasti kurang untuk memanjakan perutmu. Jangan khawatir, kamu bisa nambah sepuasnya tanpa takut kantong jebol karena harga seporsi gulai ini dibanderol hanya dengan harga Rp 8.000. (Sbg/Rig)

Comments