Krisis Paruh Baya
samadimd.com/istock

Sabigaju.com – Rata-rata pria yang sudah berusia paruh baya, lebih mantap dalam menjalani hidupnya. Selain sudah mapan secara penghasilan, ia juga sudah mapan secara cinta.

Ironisnya, di beberapa kasus justru sebaliknya. Si pria kerap merasa tidak puas sehingga kelakukannya seperti sedang “puber kedua”. Hal inilah yang kemudian dikenal sebagai krisis paruh baya (mid-life crisis).

Apakah kamu kini juga sedang mengalaminya? Yuk langsung simak saja ciri-cirinya berikut ini.

1. Bersolek Berlebihan

Apakah kamu kerap menata seluruh tampilanmu (grooming) agar terlihat mengikuti tren / gaul? Apabila demikian, maka fix kamu sedang mengalami krisis paruh baya.

Hal ini karena langkah ini merupakan bentuk kita untuk menolak tua padahal kenyataannya, kita memang sudah cukup uzur.

2. Obsesi Fitness Yang Berlebih

Ketika 20 atau 30an, kita kerap jarang atau bahkan tidak pernah fitness / gym. Namun di usia saat ini, tiba-tiba mendadak suka atau rajin fitness?

Maka bisa dikatakan kamu sedang ingin membuktikan kalau kamu masih kuat dan tidak kalah tenaganya dengan keponakan atau teman yang 10 atau 15 tahun lebih muda.

BACA JUGA: Bener Nggak sih Ada Puber Kedua? 

3. Sering Nostalgia

Bernostalgia mengenang masa kejayaan memang indah dan keren. Tapi apabila kita sering banget seperti ini, sadar tidak sadar kita sudah mengalami krisis paruh baya.

Karena sebagian besar pria yang mengalami krisis ini, menganggap bahwa masa depan adalah hal yang suram dan tidak perlu dipikirkan secara serius.

4. Sering Labil

Seperti yang dikatakan di pembuka, krisis paruh baya sama saja dengan “puber kedua”. Nah hal ini biasanya dikarenakan keadaan emosi yang tidak stabil.

Apabila keadaan ini tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin kita akan menderita depresi super berat.

BACA JUGA: Kecenderungan Merasa Lebih Tua, Bisa Bergantung Dimana Kamu Berada

5. Menjalankan Beberapa Hobi Sekaligus

Menemukan dan menjalankan hobi baru memang keren. Tandanya kamu masih suka tantangan baru.

Namun apabila hobi yang dijalankan lebih dari satu dan sekaligus dijalankan, hal ini menandakan bahwa kamu ingin berlari dari tanggung jawab-tanggung jawab yang sedang dijalankan.

6. Bersikap Impulsif

Sering membelanjakan uang dalam jumlah banyak atau main keluar saja dari pekerjaan yang sedang dijalani tanpa berkonsultasi dulu dengan istri atau keluarga lain?

Maka fix kamu sedang bersikap impulsif. Dan hanya pria paruh baya yang sedang krisis saja yang kerap melakukan tindakan merugikan ini.

BACA JUGA: Lima Kebiasaan Fatal yang Bisa Bikin Cowok Cepat Tua 

7. Selalu Marah dan Menyalahkan Keluarga

Ketika sedang ada masalah (apapun itu), pria yang memiliki krisis paruh baya umumnya kerap menumpahkannya ke keluarga.Pria

Awalnya ini terlihat seperti menumpahkan kekesalan saja. Namun hal ini juga bermakna bahwa si pria sedang stres karena kini lebih banyak berfokus pada keluarga sedangkan, ia masih banyak memiliki impian-impian yang belum tercapai.

Mana tanda tanda krisis paruh baya di atas yang kerap kamu alami? (Sbg/Mrv)

Comments