Beranda SABIPIKNIK Kota Tua, Destinasi Favorit Warga Jakarta

Kota Tua, Destinasi Favorit Warga Jakarta

6 menit baca
0
0
19
Wisata Kota Tua (Foto: Instagram ddnlg02)

Sabigaju.com – Bagi warga Jakarta, akhir pekan biasanya digunakan untuk menghabiskan waktu untuk beristirahat ataupun menikmati waktu bersama keluarga setelah sibuk menyelesaikan beberbagi urusan kantor selama seminggu.

Salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh warga adalah kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, yang dikenal memiliki banyak bangunan-bangunan tua bersejarah dengan arsitektur nan indah.

Kawasan Heritage

Kawasan kota tua Jakarta ini adalah salah satu destinasi unggulan wisata sejarah di Jakarta. Itu dikarenakan kawasan ini tidak hanya memiliki keindahan arsitektur bangunan sisa kolonial Belanda saja, tetapi juga menyuguhkan kekayaan sejarah berdirinya kota Batavia sebagai cikal bakal kota Jakarta.

kota tua
Museum Fatahiilah Jakarta (Foto: Instagram alexander_riri)

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa museum di antaranya Museum Fatahillah, Museum Wayang, hingga Museum Seni Rupa & Keramik.

Hal yang menarik adalah keberadaaan meriam Si Jagur yang merupakan spot favorit para pelancong yang ikonik dan sarat mitos.

Meriam ini adalah peninggalan Belanda yang diletakkan di bagian utara Taman Fatahillah. Berada tepat di antara gedung Kantor Pos Jakarta Kota dan Kafe Batavia, dengan moncong meriam membelakangi Museum Sejarah Jakarta dan mengarah ke Pasar Ikan.

Meriam Si Jagur ini dibuat di pabrik senjata di Macau yang kemudian dibawa oleh Portugis ke Malaka. Ketika Malaka jatuh ke tangan VOC pada tahun 1641, meriam ini pun dibawa Belanda ke Batavia untuk menjaga pelabuhan dan kota.

Ciri khas meriam ini yang sangat unik. meriam ini memiliki ornamen bentuk tangan dengan posisi ibu jari yang dijepit di antara jari telunjuk dan jari tengah.

kota tua
Meriam Si Jagur di Museum Fatahilah, Jakarta. (Foto: Instagram bangsawansouvenirs)

Umumnya orang Indonesia mengartikan hal itu sebagai simbol yang memiliki arti negatif bahkan mengarah ke pornografi.  Padahal, arti sesungguhnya dari hiasan meriam ini adalah ‘mano in figa’ yang dalam bahasa Portugis memiliki arti semoga beruntung dan kesuburan.

Manusia Patung

Hal menarik lainnya yang dapat kamu jumpai di kawasan Kota Tua adalah atraksi manusia patung yang bergaya unik. Ada banyak karakter yang mereka perankan. Mulai dari pahlawan, Noni Belanda sampai manusia melayang.

Jika diminta foto bersama, para manusia patung akan bergaya dengan berbagai pose lucu.
Mereka akan senang kalau pengunjung merasa terhibur oleh tingkah mereka.

kota tua
kamu dapat berfoto dengan manusia patung di Kawasan Kota Tua Jakarta (Foto: Instagram kariningtyas)

Jika Kamu Berfoto dengan manusia patung ini tidak diminta tarif. pengunjung dapat memberi seikhlasnya. Kalaupun tidak, si patung tidak akan protes.

Para manusia patung di kawasan Kota Tua mulai menghibur pengunjung Kota Tua mulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 21.30 WIB.

Wisata Sepeda

Selain dapat mmenikmati pesona berbagai bangunan berasitektur kuno yang dijaga kelestariannya ataupun manjajal berbagai pose lucu dengan manusia patung , di kawasan Kota Tua kamu juga bisa melakukan wisata sepeda tua kuno yang dipoles dengan cat warna-warni.

kota tua
Kamu dapat menyewa sepeda yang tersedia, untuk mengitari kawasan Kota Tua (Foto: Instagram rozieeelim)

Wisata sepeda di Kota Tua ini banyak diminati warga karena murah. Kamu bisa menyewa satu sepeda yaitu Rp 20.000 untuk 30 menit.

Nah, sepeda itu dapat kamu kendarai di dalam pelataran terbuka Museum Fatahillah. Sebagai bonus, kamu bisa juga memakai topi ambtenaar yang disediakan secara gratis.

Bila kamu ingin menyewa sepeda ke luar dari kompleks itu, biayanya Rp 70.000 untuk lima tempat yang dikunjungi, di antaranya Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, hingga Menara Syahbandar.

Yuk, habiskan hari Sabtu kamu untuk mengeksplor wisata sejarah ini! (Sbg/Rig)

 

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIPIKNIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lihat juga

Tujuan Traveling Berdasarkan Zodiak (Part 1)

Sabigaju.com – Bepergian atau traveling merupakan kesenangan bagi sebagian besar mas…