Beranda SABIGAJU+ Kontrasepsi untuk Pria yang Sedang Dikembangkan Oleh Peneliti

Kontrasepsi untuk Pria yang Sedang Dikembangkan Oleh Peneliti

3 menit baca
0
0
18

kontrasepsi untuk pria

Sabigaju.com – Selama ini perencanaan untuk memiliki momongan dalam keluarga lebih sering dititik beratkan pada perempuan. Tidak lain karena kontrasepsi yang beredar di Indonesia memang sebagian besar ditujukan untuk perempuan. Pilihannya pun jauh lebih banyak dibanding kontrasepsi untuk pria. Namun, angin segar datang dari para peneliti di Universitas California.

Valsagel, Kontrasepsi untuk Pria yang Menjanjikan

Selama dua tahun terakhir, para peneliti di Universitas California melakukan penelitian mengenai kontrasepsi untuk pria yang terbaru. Kontrasepsi dalam bentuk gel yang disebut vasalgel ini sudah diuji coba selama dua tahun terakhir. Uji coba vasalgel yang dilakukan pada primata ini menunjukkan tanda-tanda positif. Hasil jurnal Basic and Clinical Andrology seperti yang dilansir dari CNN Indonesia menunjukkan bahwa gel ini aman. Tim peneliti berharap hasil aman yang ditunjukkan dari uji coba vasalgel tersebut bisa dijadikan bukti kuat untuk selanjutnya dilakukan tes pada manusia.

Vasalgel merupakan kontrasepsi dalam bentuk gel yang digunakan dengan cara disuntikkan yang disertai dengan anestesi. Kontrasepsi ini ditujukan untuk kontrasepsi jangka panjang. Cara kerja vasalgel bukan merusak sperma, tetapi memblokir jalan sperma dengan organ lain membiarkan cairan lainnya untuk lewat. Selain itu, secara teori peneliti mengungkapkan kalau fungsi kontrasepsi dari vasalgel bisa dihentikan dengan menyuntikan cairan khusus untuk membuka keran gel. Sayangnya untuk teori yang terakhir ini belum dibuktikan pada tes terhadap primata. Sementara baru terbukti pada tes yang dilakukan terhadap kelinci.

Secara garis besar, vasalgel memiliki kemiripan dengan vasektomi. Namun, vasalgel lebih mudah dihentikan fungsi kontrasepsinya bila pria ingin memiliki Anak. Untuk saat ini, penelitian tentang vasalgel masih terus berlanjut.

Sementara itu, di Universitas Airlangga juga sedang mengembangkan kontrasepsi untuk pria dalam bentuk pil. Pil KB khusus pria dibuat dari ekstrak tumbuhan Gandarusa (Justicia gendarussa). Temuan ini akan dihilirisasi oleh PT. Harsen Laboratories. Nota kesepahaman pun sudah ditandangani oleh kedua belah pihak pada bulan Maret lalu. Temuan pil KB untuk pria ini juga segera dipasarkan, setidaknya sekitar tahun 2019. Wah, kita tunggu yuk kabar berikutnya! Kalau Anda lebih tertarik pada vasalgel atau pil KB untuk kontrasepsi pria? (Sbg/Er)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Ladrina Sabigaju
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Pasangan Zodiak Paling Serasi (Part IV)

Sabigaju.com – Bagi kamu yang sudah mengikuti Pasangan Zodiak Paling Serasi Part I, …