Konser Live Streaming
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com– Bisa dibilang kini jagat industri musik kini tengah terhuyung-huyung akibat pandemi COVID-19.

Covid-19 telah memukul industri musik terutama konser dengan sangat keras. Berbagai Festival dan konser besar dibatalkan atau ditunda, dan ratusan artis mancanegara telah mengumumkan pembatalan tur karena masalah kesehatan dan perjalanan.

Berhentinya ribuan konser musik di berbagai penjuru dunia juga memengaruhi jutaan pekerja musik di belakang layar seperti manajer tur, teknisi suara, dan manajer produksi, yang mengandalkan pertunjukan untuk mata pencaharian mereka.

Namun para musisi tak putus asa, Beberapa mulai beralih ke live streaming lewat Twitter, Facebook dan Instagram sebagai sarana untuk terhubung dengan penggemar atau menebus sebagian pendapatan yang hilang dari konser mereka.

Banyak pula yang kreatif yakni meminta tip via aplikasi layanan kirim uang seperti Venmo atau QuickPay.

BACA JUGA: Ajakan Perangi Corona Lewat Musik

Para Musisi Dunia Gelar Konser Live Streaming

Konser Live streaming sederhana lewat Instagram Live, dilakukan frontman Coldplay, Chris Martin, mengajak penggemar mengobrol dan menyanyikan sejumlah request lagu. Ia juga sempat membawakan lagu Life on Mars dari David Bowie.

Chris Martin yang berada di rumahnya menyanyikan beberapa lagu klasik Coldplay seperti Viva La Vida, Trouble, dan Yellow sambil memainkan gitar.

Seharusnya pada hari itu dia dan anggota Coldplay lainnya bertemu namun karena mereka terjebak di negara berbeda pertemuan tersebut tidak jadi diadakan.

BACA JUGA: Cara Aman Nonton Konser Musik Saat Corona Merebak

Hal senada juga dilakukan oleh John Legend serta penyanyi country Keith Urban tampil langsung di Instagram bersama istrinya, Nicole Kidman.

View this post on Instagram

#InstaBand

A post shared by Keith Urban (@keithurban) on

Untuk penggemar musik klasik, Berlin Philharmonic telah membuka ruang konser digitalnya pada bulan depan, memberikan akses gratis ke ratusan konser di tempat terkenal di Berlin dan memberi kesempatan untuk menonton acara mendatang,

yang sekarang akan dilakukan secara tertutup. Para penggemar harus mendaftar dan menebus voucher mereka sebelum 31 Maret 2020.

BACA JUGA: Nggak Cuma Musibah, Corona Juga Bikin Bisnis Dapat Berkah

Bahkan konser musik metal, yang biasanya diwarnai aksi head banger dan moshing, kini juga harus dilakukan secara streaming.

Hal ini seperti yang dilakukan Kuintet metal/industrial/nu-metal Code Orange saat menggelar konser live streaming sebagai wujud peluncuran album Underneath lewat aplikasi streaming Twitch.

Menonton konser live streaming memang tidak akan bisa menggantikan pengalaman menonton konser secara langsung. Namun, ini  adalah cara  menghibur sementara sampai pandemi COVID-19 mereda. (Sbg/Rig)

Comments