Konser Musik rock bisa apa bisa diterapkan dengan membuat aturan bagi penontonj untuk duduk di kursi?
(Foto: Instagram.com/wattie_exploited)

Sabigaju.com – Memasuki era New normal para pencinta musik boleh sedikit merasa lega karena sudah boleh menikmati konser musik namun harus mengikuti protokol kesehatan.

Nah, jika kamu ingi menyaksikan konser, pastinya kamu dilarang berdiri menerapkan jaga jarak, mencuci tangan, dan harus memakai masker.

Jika kamu penikmat musik pop, mungkin aturan tersebut biasa dan mungkin bisa diterapkan tanpa masalah.

Namun, bagaimana dengan pecinta musik keras seperti hardcore, punk ataupun metal? Bisakah para penggemar musik cadas tersebut datang duduk dan diam di kursi aja  ke sebuah konser tanpa melakukan moshing, slam dance, pogo ataupun stage diving?

BACA JUGA: Yeay, New Normal Sudah Bisa Nonton Konser Lagi

Konser Tanpa  Kebebasan Ekspresif

Tentunya para penggemar musik cadas sulit menikmati sebuah pertunjukan  jika digelar harus dengan ketentuan tidak boleh berdiri atau harus menjaga jarak.

Karena sebuah konser bagi penggemar musik cadas adaalah sebuah ruang kebebasan dan kebersamaan.

Kebersamaan menikmati lagu di sebuah konser musik cadas sediri bia dilakukan lewat kebebasan yang ekspreesif.

Mulai dri nyanyi bersama alias sing along, stage diving, moshing, pogo, slam dance hingga head banging hingga lulumpatan dri panggung alias stage diving..

Di masa new normal hal itu tak bisa diakukan karena termasuk pelanggaran pembatasan fisik dan sosial dan harus benar-benar dilarang selama pandemi ini.

Dan apakah pedoman itu bakal berjalan dan ditaati penonton?

Bayangkan deh para metalhead atau anak-anak punk rock atau anak-anak hardcore, datangi ke sebuah konser, terus mereka duduk tertib menerapkan anjuran physical dan social distancing,

Yakin mereka diam di kursi aja? Nggak lah sob!  Soalnya saat band apapun mulai bermain, semua anjuran social distancing itu akan segera diabaikan.

Kebayang nggak kita semua mulai dari yang nonton sampai artis yang mentas bakal digelandang ke kantor polisi karena hal ini?

BACA JUGA: Drive-In, Cara Baru Menikmati Konser Musik di Tengah Pandemi 

Membayangkan di Kursi Aja

Membayangkan sebuah pertunjukan musik cadas dengan aturan jaga jarak dan  duduk diam di kursi adalah hal yang bisa dikatakan basi jika tidak ingin dibilang keji.

Menonton  konser musik pop saja dengan  aturan duduk di kursi sulit di wujudkan karena akhirnya penonton ikut berdiri menikmati musik.

Muncul pertanyan, apakah nanti saat kita nonton event musik cadas bakal banyak petugas keamanan yang selalu siap mengingatkan penonton agar tetap duduk tenang.

BACA JUGA: Konser Live Streaming Jalan Lain untuk Perangi Corona 

Mereka bahkan siap dan menegurmu yang keaasyikan bernyanyi sambil berkata, “pakai maskernya mas,” dengan wajah garang.

Dan kayaknya sih kursi-kursi yang ditata rapih bakal jadi berantakan. Nggak sedikit kaki kursi yang patah patah lantaran sebagian penonton jejingkrakan diam-diam.

Lagian siapa sih yang mau mau nonton pertunjukan musik cadas tapi nggak boleh  bergerak. nggak boleh menyentuh siapa pun. dan harus  jaga jarak dua meter.

So, kalau ditanya apakah kita siap menikmati konser musik cadas, tapi tidak boleh stage diving, moshing, pogo ataupun headbanging. Jawaban tidak. bg/Rig)

Comments