Konsep Self-Care
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sekarang ini, orang-orang sudah mulai aware dengan betapa pentingnya self-care. Ini karena memang konsep self-care bisa sekali membantumu keluar dari rasa depresi. Apakah kamu sudah melakukannya?

Melakukan konsep self-care memang sangat mudah, mengingat ini adalah sesuatu yang bisa dinikmati oleh diri kamu sendiri. Self-care bahkan dinilai sebagai salah satu cara untuk mencintai diri sendiri.

Tapi masalahnya, masih banyak nih orang yang salah dalam melakukannya. Jangan-jangan kamu adalah salah satunya.

Coba dicek, apakah konsep self-care kamu saat ini sudah benar?

BACA JUGA: Kok Bisa Sih Cowok Dibutakan Cinta? 

Bukan Selalu Soal Treatment

Banyak banget orang yang berpikir bahwa konsep self-care artinya kamu bisa pergi ke tempat massage, kemudian melakukan beberapa treatment, menghabiskan banyak uang dan lain-lain.

Sebetulnya bukan begitu formulanya. Self-care artinya bisa jadi ke dokter gigi, mengganti sepatu larimu yang sudah kekecilan karena akan sakit jika dipakai, menghabiskan sekitar beberapa rupiah untuk sarapan yang lebih sehat, dan lebih memilih tidur cepat daripada nonton Netflix hingga larut malam.

BACA JUGA: Sederet Faktor yang Membuat Cowok Menjadi Metroseksual?

Bukan Berarti Melupakan Kepentingan Orang Lain Juga

Kalau kamu melakukannya, kamu artinya adalah orang yang egois. Konsep self-care, bukan berarti misalnya meninggalkan pekerjaan kamu di kantor dan melimpahkannya pada kolega hanya karena kamu ingin berjalan-jalan di mal sendiri untuk melepas stres.

Coba mulai berpikir untuk melakukan apa yang kamu suka dengan orang lain. Misalnya berjalan-jalan dengan anak, tidur tepat waktu, membuat pizza handmade untuk orang rumah, dan lain-lain.

Lebih Mementingkan Self-Care dari Hal yang Penting

Kamu punya sederet aktivitas untuk melepas stres. Tapi kemudian, kamu KTP-mu tiba-tiba hilang. Kamu harus cepat mengurusnya ke Kelurahan atau RT terdekat.

Ini bukan berarti kamu memilih menundanya dan malah melakukan aktivitas sesuai rencanamu.

Self-care juga bisa berarti tergantung pada situasi. Ingat, mengurus KTP juga salah satu langkah karena penting bagi kamu.

Self-Care Juga Berarti Penerimaan

Sekali lagi, konsep self-care bukan berarti kamu bermain di luar rumah, menghabiskan banyak uang, waktu dan tenaga. Self-care bisa juga berarti self-talk terkait bahwa kamu harus bisa menerima kondisi dengan lapang dada.

Penerimaan ini artinya kamu mengakui apa yang kamu rasakan. Kamu secara penuh menyadari bahwa emosi adalah pengalaman universal manusia.

Kamu mungkin merasa bersalah, malu dan menyesal, tapi dengan sikap welas asih ini, kamu bisa mengakui bahwa setiap orang juga akan mengalaminya.

BACA JUGA: Dear Cowok Humoris? Ini Kata Para Wanita Tentangmu

Self-Care juga Bisa Berarti Sosialisasi

Sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial. Itu sebabnya kita perlu bersosialisasi dengan orang lain, bahkan ini juga berlaku untuk orang yang introvert.

Dengan ini, kamu akan merasakan kebersamaan dan setidaknya tidak akan merasakan kesendirian.

Gimana? Sudah benarkah konsep self-care yang kamu lakukan selama ini? Coba dibenahi kalau belum benar ya. (Sbg/Dinda)

Comments