Komedian Joshua Suherman  dilaporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke polisi atas dugaan penghinaan agama, pada Selasa (9/1) lalu. (Foto: Instagram jojosuherman)

Sabigaju.com – Belum lama ini  komedian Ge Pamungkas dan Joshua Suherman tengah menjadi pebincangan publik lantaran kedua komika tersebut dianggap telah melecehkan agama Islam melalui materi yang dibawakan saat melakukan komedian stand up.

Joshua Suherman bahkan resmi dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke polisi atas dugaan penghinaan agama, Selasa (9/1).

Laporan yang disampaikan Ketua FUIB Rahmat Himran tersebut tercatat di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan nomor LP/30/I/2018/Bareskrim tertanggal 9 Januari 2018.

Rahmat Himran menyatakan Joshua telah melakukan tindak pidana penghinaan agama saat membawakan materi stand up comedy yang kemudian diunggah ke media sosial Youtube.

GE Pamungkas belum lama ini mendapat kecaman lantaran materi komediannya dccianggap menghina agama.  (Foto Instagram gepamungkas)

Bukan Komedian Pertama yang dituduh Menghina Agama

Baik Joshua Suherman maupun Ge Pamungkas bukanlah komika pertama ataupun  kedua  yang dituduh menghina agama.

Sebelumnya, pada Januari 2017, tercatat komika Rizky Firdaus Wicaksana alias Uus diberhentikan dari acara Inbox SCTV dan acara komedi Opera Van Java di Trans7 karena cuitannya dianggap menghina Rizieq Shihab.

Ada pula Ernest Prakasa yang mencuit soal ulama kondang asal India, Zakir Naik, pada awal 2017. Belakangan komedian itu menyampaikan permohonan maaf atas kicauannya di Twitter.

Ernest Prakarsa (Foto: Instagram ernestprakasa)

Saat diminta berkomentar mengenai kasus tersebut, sutradara yang juga komika, Ernest Prakasa mengatakan, setiap komedian memang harus memiliki tanggung jawab atas materi apapun yang diutarakan dalam pertunjukannya.

Ernest mengingatkan, siapapun yang berani mengungkapkan sesuatu di hadapan publik, seharusnya juga berani mempertanggungjawabkannya.

“Ya itu, kita tuh seniman bebas berekspresi, tapi bebasnya bebas bertanggung jawab. Jadi kalau ada dampak dari apa yang kita lakuin, ya kita harus siap, itu aja. Siap ngomong, siap tanggung jawab,” ujarnya kepada awak media yang menemuinya disela-sela syukuran 2 juta penonton film ’Susah Sinyal’ yang berlangsung di di Hong Kong Cafe, Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Ammar Zoni Kembali Syuting

Selain kabar kabar komedian Joshua Suherman yang dipolisikan, warganet juga heboh lantaran beredarnya foto-foto syuting dari artis Ammar Zoni yang bermain kembali di sinetron SCTV Anak Langit.

Tanda kemunculan kembali Ammar Zoni di Anak Langit sendiri sudah terlihat di credit title para pemain saat awal tayang.

Stefan William dan Ammar Zoni saat syuting anak langit belum lama ini (Foto: Instagram anaklangit.official)

Nama Ammar tiba-tiba langsung keluar di urutan ketiga setelah Stefan William dan Ranty Maria. Ini sekaligus menjawab pertanyaan penggemar yang penasaran soal peran utama Anak Langit setelah kembalinya Ammar.

Pasalnya, bintang utama telah berpindah tangan ke Stefan sejak Juli 2017 silam. Masuknya Stefan di Anak Langit sendiri cukup berpengaruh besar memantapkan posisi sinetron yang tayang sejak 20 Februari 2017 lalu.

Lantas akankah kembalinya Ammar nantinya bakal mengorbankan Stefan? Kita tunggu saja perkembangannya. (Sbg/Rig)

Comments