Diet Pegan
Belakangan ini banyak penggemar kebugaran yang mengkombinasikan dua pola diet yakni diet paleo dan diet vegan bernama diet pegan.(Sumber: The Alternative Daily)

Sabigaju.com – Selain rutin berolahraga, diet adalah pola makan yang bertujuan meraih badan yang ideal. Seiring berjalannya waktu diet terus mengalami perubahan. Mulai dari diet paleo, keto, diet vegan, hingga mediterania.

Nah, belakangan ini banyak penggemar kebugaran yang mengkombinasikan dua pola diet yakni diet paleo dan diet vegan bernama diet pegan.

Apa dan bagaimana pola diet ini, simak ulasan diet pegan berikut ini.

BACA JUGA: 

Diet yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Perut Sixpack

Kombinasi Jitu Jadi Terobosan Diet Pegan

Diet pegan pertama kali diperkenalkan oleh oleh seorang ahli gizi yang juga direktur medis dari Cleveland Clinic Center bernama Dr Mark Hyman.

Menurut Hyman, metode ini adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan, sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Sementara diet paleo menekankan pola konsumsi daging, buah-buahan, sayuran, dan membatasi biji-bijian, kacang-kacangan, susu, kentang, minyak sayur olahan, dan alkohol.

BACA JUGA: Diet Nordic, Bikin Badan dan Lingkungan Jadi Sehat 

Pola diet vegan membatasi pola makan yang berasal dari hewan, termasuk gelatin, makanan yang diperkaya omega-3, dan madu. Dua jenis diet ini memang tampak berbeda. Namun, keduanya memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama mengonsumsi buah dan sayur.

Menurut Hyman diet pegan ini sangat sederhana untuk diterapkan.

“Makanlah makanan yang rendah gula dan tepung, makanlah banyak makanan nabati. Jika Anda akan makan makanan hewani, makanlah makanan yang tumbuh secara alami atau yang dipanen. Makan makanan yang memiliki banyak lemak baik, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, alpukat,” paparnya.

BACA JUGA: 

Makan untuk Hidup Bikin Panjang Umur, Rahasia Diet Okinawa

Mark merumus kan dengan sederhana tips untuk melakukan diet pegan. “Jika Tuhan menciptakannya, makanlah. Jika manusia membuatnya, tinggalkanlah.”

Uniknya nih, makanan yang bisa kita santap  dalam diet pegan boleh ditambahkan dengan bumbu seperti garam dan merica, asalkan bukan bahan kimia seperti hydroxytoluene butylated yang banyak digunakan dalam makanan olahan.

“Kita makan sekitar 3 sampai 5 kilo per tahun bahan kimia ini di makanan kita,” kata Mark. “Belum lagi hormon, antibiotika, dan pestisida.”

BACA JUGA: Tren Diet Militer yang Mulai Banyak Dilirik Orang

Apa yang BIsa Kamu Santap?

Lantas apa saja yang bisa kamu santap jika menerapkan pola diet pegan ini?

Yang jelas, sebagian besar makanan pegan terdiri dari buah dan sayur seperti apel, jeruk bali, persik, dan semua jenis sayuran selama masih pada kisaran indeks glikemik 55 sampai 69.

Nah, Hyman merekomendasikan konsumsi 75 persen sayuran dalam setiap porsi makanan kita. Sementara itu, daging hanya berfungsi sebagai lauk bukan hidangan utama.

Kamu bisa melihat daftar makanan beserta indeks glikemiknya di Harvard Medical School.

BACA JUGA: Jangan Asal Percaya Saat Selebriti Promosikan Produk Diet! 

Menurunkan Berat Badan

Pertanyaan lain yang muncul adalah, apakah diet pegan dapat menurunkan berat badan? Ya. Karena sayuran dan lemak akan membuat kamu kenyang lebih lama serta kurang berminat pada camilan manis yang dapat membuat lonjakan dan penurunan kadar gula darah.

Kamu juga bebas makan banyak sayur tanpa terlalu banyak kalori dan makanan ringan yang kaya serat.

Namun, tetaplah waspada dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli gizi serta rutin berolahraga. (Sbg/Rig)

Comments