Studio for Electronic Music
Google doodle Rabu , (18/10) mengulas tentang Studio for Electronic Music yang menjadi tonggak sejarah dalam perkembangan musik dunia. (Foto: Google)

Sabigaju.com – Hari ini, Google merayakan ulang tahun ke-66 sebuah studio rekaman musik yang bernama Studio for Electronic Music.

Studio for Electronic Music, merupakan studio pertama yang menerapkan teknik rekaman modern berbasis elektronik.

Dengan menggunakan teknik dan perangkat-perangkat yang terdapat di studio musik itu, para pemusik tak lagi dituntut sempurna saat merekam lagu dan suara mereka.

Pasalnya, teknik tersebut memungkinkan adanya proses edit. Dengan demikian, suara-suara fals dapat di edit.

Selain itu, teknik dan perangkat milik Studio for Electronic Music juga sudah mampu memadukan berbagai macam unsur suara sehingga komposisi suara, bisa lebih variatif.

Hasil Kolaborasi Ilmuwan dan Musisi

Studio for Electronic Music berlokasi di Cologne, Jerman. Merupakan bagian dari West Deutscher Rundfunk (WDR). WDR mulai mengaplikasikan rekaman musik secara elektronik pada awal dekade 1950-an.

Studio ini dibangun dan dikembangkan lewat kolaborasi yang dilakukan oleh seorang ilmuwan fisika Werner Meyer Eppler dengan Herbert Eimert yang merupakan pakar bidang musik di Jerman.

Studio for Electronic Music
Herbert Eimert dan Werner Meyer-Eppler saat di Studio for Electronic Music berlokasi di Cologne, Jerman. (Foto: © Fondation du Studio für elektronische Musik des Westdeutschen Rundfunk de Cologne)

Meskipun keduanya berasal dari latar belakang berbeda namun punya kecintaan yang sama terhadap musik.

Kerja keras mereka membangun Studio for Electronic Music kini pun menjadi tonggak sejarah teknik rekaman modern.

Jadi Google Doodle

Hari ini, Rabu (18/10) Google menampilkan sebuah ilustrasi karya seniman Henning Wagenbreth asal Berlin, sebagai doodle.

Tampilan doodle yang memadukan warna-warna cerah. Ada DJ set, speaker, amplifier, dan seseorang yang memainkan piano elektronik seakan menggambarkan bagaimana studio musik elektronik dapat memberi warna dalam perkembangan musik elektronik dunia.

Kini studio  yang pernah menjadi tempat berkembangnya inovasi musik hingga tahun 2000-an, hanyalah studio tua yang menjadi saksi bisu sejarah perkembangan musik elektronik dunia. (Sbg/Rig)

Comments