Dibutakan Cinta
(Foto: medium.com)

Sabigaju.com – Pernahkah kamu merasakan dibutakan cinta? Kondisi ini terjadi ketika  bisa dirasakan ketika kamu, kita tidak mengeluhkan hal buruk yang dilakukan si dia.

Seakan kita bisa memahami dan memaklumi semua keburukannya. Inilah kondisi yang disebut kondisi dibutakan cinta.

Yup, begitu banyak orang yang dibutakan oleh cinta. Akibatnya, seseorang sering gagal untuk mengenali atau memahami kelemahan pasangannya atau bahkan gagal untuk melihat bahwa si dia sebenarnya adalah pasangan yang buruk.

BACA JUGA: Jangan Gegabah Bila Sedang Mabuk Cinta 

Penyebab Seseorang Dibutakan Cinta

Ketika jatuh cinta kita cenderung tidak bisa menilai pasangan secara adil.  Saat jatuh cinta, kita cenderung menutup mata terhadap saran dari orang lain.

Hal itu lantaran  karena di saat itu kita sedang sangat memercayai pasangan kita, bahkan sulit untuk melihat sifat-sifat negatif yang ada pada pasangan.

Sebuah studi menunjukkan, manusia buruk dalam mengukur karakter orang yang lebih dekat dengan mereka. Dalam kasus seperti ini, bukan tak mungkin kita dimanipulasi oleh pasangan.

Tetapi, satu hal yang baik adalah dengan mengamati contoh-contoh ini kita dapat menganalisis orang seperti apa yang sebenarnya kita inginkan. Ketika jatuh cinta, kita tidak mudah terganggu oleh alternatif yang memikat.

Ini berlaku untuk pria dan wanita. Kita seakan memiliki komitmen penuh terhadap pasangan. Ketika seseorang berada dalam hubungan yang berkomitmen, maka ia tidak merasa perlu untuk tertarik pada orang lain.

BACA JUGA: Sederet Kriteria Wanita Ideal yang Layak Menjadi Istri

Jangan Sampai Dibutakan Cinta?

Saat seseorang dibutakan cinta bisa  membuat orang menjadi hakim yang buruk bagi pasangannya.

Menurut Garth Fletcher, profesor Psikologi di Victoria University of Wellington, Selandia Baru, mengatakan, “Dari sudut pandang evolusi, penilaian kualitas pasangan kita harus memiliki semacam akurasi.”

Fletcher menjelaskan pernyataannya  dengan memberi contoh merak jantan dan merak betina.

Merak betina akan memilih burung merak jantan sebagai pasangannya, hanya jika burung merak jantan memiliki ekor yang mewah.

Untuk persepsi hewan ini, kualitas ini sangat penting, karena jika tidak dipilih dengan bijak, hubungan merak betina dengan merak jantan tidak akan membuahkan hasil.

“Seharusnya manusia sangat pilih-pilih tentang pasangannya, karena kita berpasangan seumur hidup,” kata Fletcher.

“Jadi, jika kita tidak akurat dalam menilai kualitas pasangan kita, kualitas seperti daya tarik atau kebaikan tidak akan lagi berperan penting,” imbuhnya.

BACA JUGA: Begini Tanda Pasangan Kita Adalah Gadis Impian

Karena itu, untuk memiliki hubungan yang kuat dan murni, seseorang harus berusaha melihat semua kualitas baik dan buruk dari orang yang mereka inginkan sebagai pasangan.

Ini dapat membantu mereka untuk tidak hanya memutuskan apa yang mereka inginkan, tetapi juga bagaimana mengambil tindakan lebih jauh.

Pesan pentingnya gaes kamu jangan sampai dibutakan cinta yah! (Sbg/Rig)

Comments