Hari Sumpah Pemuda
Hari ini, segenap Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Sabigaju.com – Hari ini, Minggu. 28 Oktobe 2018, segenap pemuda dan pemudi di Tanah Air merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sudah 90 tahun berlalu sejak sumpah yang menyerukan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia, itu didengungkan untuk pertama kalinya pada 28 Oktober 2018.

Semangat warganet dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda masih membara. Terbuki, bertepatan dengan kelahiran momen bersejarah tersebut, hari ini , kicauan soal Sumpah Pemuda mengalir begitu deras di media sosial Twitter Indonesia.

#HariSumpahPemuda bahkan bertengger dalam daftar Trending Topics Indonesia di media sosial tersebut.

Tak hanya posting-an berupa teks, sejumlah warganet secara kreatif menyalurkan semangat Hari Sumpah Pemuda dengan foto atau gambar yang menyiratkan semangat perjuangan.

Antusiasme mereka membuat tagar #HariSumpahPemuda menempati posisi yang tinggi di daftar Trending Topics Indonesia di media sosial buatan Jack Dorsey itu.

Walau sudah berbeda zaman, namun semangat akan sumpah tersebut masih sama. Hal tersebut tampak dari kicauan di media sosial Twitter yang ditulis netizen soal momen bersejarah ini.

Bahkan, Banyak dari warganet yang berusaha untuk menularkan semangat Sumpah Pemuda di era modern ini.

Kilas Balik Singkat Hari Sumpah Pemuda

Pada 27 sampai 28 Oktober 1928, kebanggaan dan rasa senasib para pemuda sebagai anak bangsa menjadikan mereka berkumpul lagi. Kongres Pemuda II digelar, dengan kepanitiaan dari berbagai perkumpulan.

Mereka berkumpul di Batavia (Jakarta) dan mulai menyatakan sebuah kesepakatan bersama akan pentingnya persatuan pemuda.

Deklarasi pun dilakukan, dan dikenal dengan nama “Sumpah Pemuda”. Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Adapun hasil dari Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 itu adalah:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, yaitu pada 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda. (Sbg/Rig)

 

Comments