Ada perbedaan antara alergi dengan terinfeksi virus Covid-19
(Foto; Freepok.com)

Sabigaju.com – Sekarang ini, batuk sedikit parno, bersin sedikit panik. Demam dan alergi pun  jadi hal menakutkan. Semua jadi serba takut kena COVID-19. Padahal belum tentu juga.

Sebetulnya, kamu juga sudah harus paham gejala COVID-19 dengan jelas. Apalagi jika kamu punya riwayat alergi. Karena menurut seorang ahli di bidang Imunology bernama Lakiea Wright, ada beberapa gejala alergi yang bahkan mirip.

Nah ada beberapa perbedaan gejala alergi dengan COVID-19. Berikut ulasannya

BACA JUGA: Meninjau Wacana Social Bubbles di Masa Pandemi Corona

Apakah Kamu demam?

Alergi biasanya tidak disertai dengan demam. Karena COVID-19 biasanya ditandai dengan demam.

Apakah kamu kehilangan indera perasa dan penciuman?

COVID-19 juga bisa ditandai dengan kehilangan indera perasa dan penciuman. Sedangkan alergi tidak.

Apakah Kamu Merasa Gatal?

Pada alergi biasanya akan muncul tanda pada mata yang gatal, berair dan merah. Nah, pada COVID-19 tanda peradangan seperti ini tidak ada.

BACA JUGA: Keluh-kesah WFH dan Solusi Menghadapinya 

Apakah Kamu Punya Riwayat dan Pernah mengalaminya?

Coba dicek, apakah kamu punya riwayat sensitifitas terhadap sesuatu. Misalnya saja pada musim dingin, makanan atau bahkan debu.

Kemudian analisa, apakah kondisinya memang bisa membuat kamu alergi.

Apakah Obatmu Ampuh?

Jika kamu sudah minum obat namun masih merasa ada gejala, coba dicek ya, apakah obat tersebut ampuh? Karena bisa jadi nih, obat kamu tidak ampuh atau bahkan salah.

BACA JUGA: Terobsesi Pola Makan Sehat, Bisa Bikin Kamu Ortoreksia

Tips Antisipasi

Jika kamu merasa khawatir sekali dengan COVID-19, ada pencegahan yang bahkan bisa dilakukan dengan memakai masker yang menutup hidung serta mulut.

Dari awal, kita memang sudah tau bahwa alergi bisa mengurangi paparan virus dari luar. Bahkan, pemicunya pun bisa berkurang dengan penggunaan masker.

Kamu juga bisa menggunakan kacamata untuk melindungi paparan virus dari luar yang mengenai mata. Tapi jangan lupa untuk membersihkan kacamata secara berkala ya.

Waspada boleh, Sob, tapi jangan sampai malah jadi kecemasan yang berlebih. Yang jelas, kamu harus mengedukasi diri kamu sebanyak mungkin soal penyakit yang sedang menjadi pandemic ini. So, stay healthy ya! (Sbg/Dinda)

Comments