Sabigaju.com – Jika umumnya bangunan Kuil merupakan perpaduan antara batu dan kayu, kuil yang satu ini berbeda. Ya juka anda berkunjung ke Thailand tepatnya 400 kilometer timur laut bangkok di distrik Han Khun, provinsi Sisaket, anda akan menjumpai sebuah Kuil untuk umat Budha bernama Wat Pa Maha Chedi Kaew dengan arsitektur yang hampir 90 persen terbuat dari bekas botol bir.

Mulanya sekelompok biksu pada tahun 1984 merasa resah atas menumpuknya sampah botol bekas minuman bir di sekitar area kuil. Para bhiksu secara mandiri mengumpulkan botol bekas bir yang menumpuk tersebut.Para Bhiksu melakukan semua ini dengan tulus. Mereka yakin usaha mereka membersihkan lingkunga dapat membuka pintu menuju ke nirwana.

Mereka lalu melakukan permainan unik yaitu meletakkan 100 botol bir pada dinding. Lalu munculah ide untuk mendaur ulang botol botol tersebut.Selain mengumpulkan botol bekas secara mandiri para meminta sumbangan dari para warga berupa botol. Tak di sangka Sumbangan yang dikumpulkan selama beberapaa tahun menghasilkan hingga 1,5 juta buah.

Dilansir Atlas Obscura Botol-botol tersebut pun kemudian digunakan untuk membuat dinding, atap, tangga, serta pilar-pilar di kompleks kuil. Dengan bahan baku yang melimpah para biksu melanjutkan pembangunan dengan mengu mulai dari membuat kuil utama, krematorium, menara air, tempat tidur, bungalo, atap hingga toilet semuanya dengan botol bir bekas yang didominasi warna cokelat dan hijau.

Para Biksu juga mengkreasikan tutup botol bikir bekas tersebut dengan mengubahnya menjadi bentuk mosaik Buddha yang unik dan indah yang menghiasi bagian interior dalam bangunan.

Hingga kini para bhiksu masih terus bekerja membangun kuil tersebut.Hmm salut yah buat para bhiksu yang bersemangat mengubah sampah yang mengotori bumi menjadi monumen spiritual yang bernilai seni tinggi.(Sbg/rig)

Comments