Imunitas tubuh sangat dibutuhkan di era new Normal
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – WHO baru-baru ini mengutarakan bahwa virus Corona yang saat ini menjangkiti warga dunia kemungkinan besar tidak akan hilang. Pasalnya, akan selalu ada orang yang terjangkit dari waktu ke waktu.

Hal ini lah yang disebut sebagai endemi, yakni kondisi di mana kehadiran konstan suatu penyakit dan infeksi dalam suatu wilayah tertentu dan presentase orang yang terinfeksi akan selalu ada. Akan tetapi, endemi nantinnya akan lebih bisa di atasi.

Contoh penyakit endemi yang sudah ada sebelumnya adalah Malaria. Penyakit ini juga cukup tinggi tingkat penularannya.

BACA JUGA: Berkencan Sehat Plus Romantis di Masa New Normal

Bahkan penyakit ini memiliki tingkat fatalitas yang cukup tinggi juga. Namun karena disebabkan oleh parasit yang bisa ditularkan lewat nyamuk, ada beberpaa wilayah saja yang dipastikan bisa terjangkit.

Kemudian HIV juga termasuk penyakit endemi yang hingga kini masih belum ada vaksinnya. HIV juga masih terus menjangkiti manusia dengan tingkat penularan sama tinggi. Namun terapi untuk penyakit ini sudah ada.

Sebelumnya, keluarga dari virus Corona sendiri memang sudah berubah menjadi endemi, yakni 229E, NL63, OC43 dan HKU1. Keempat jenis virus tersebut hanya menyebabkan demam biasa dan batuk ringan. Itu sebabnya, ada hipotesis yang akhirnya menyebut bahwa COVID-19 pun akan berubah menjadi endemi.

Namun jika vaksin nantinya akan ditemukan dan terbukti efektif, maka bisa jadi virus ini akan menghilang seiringnya waktu.

BACA JUGA: Hindari Sederet Kesalahan Ini di Fase Awal New Normal 

Lantas kita harus bagaimana?

Jika memang virus ini nantinya tidak bisa menghilang, satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah tentu saja hidup berdampingan mereka.

Berdiam diri di rumah tak bisa terus dilakukan karena ada banyak hal yang harus diteruskan orang banyak. Mencari rezeki, bersosialisasi, melakukan perjalanan bisnis, dan lain-lain.

BACA JUGA: Bersiap Menyongsong Fase New Normal

Namun seiring dengan aktivitas yang kita lakukan tersebut, kita juga mesti aware bahwa virus COVID-19 ini mengintai. Menjaga kebersihan diri, melakukan jaga jarak dan hal preventif lainnya juga harus dilakukan.

Kita tak bisa lagi sembarangan makan dan minum tanpa mencuci tangan, jarang membersihkan diri, bersentuhan dengan orang sembarangan, dan lain-lain.

Namun tentu saja kita harus terus berdoa agar virus ini juga bisa dikendalikan dan bahkan menghilang. Agar hidup kita jadi seasyik dulu lagi! (Sbg/Dinda)

Comments