Memanjatkan Doa
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Pandemi COVID-19 karena virus Corona memang membuat situasi menjadi begitu sulit. Kita mengalami banyak masalah, keuangan, kesehatan fisik hingga mental.

Tak hanya itu, duka juga dirasakan oleh sebagian orang yang ditinggalkan. Orang terkasih mereka meninggal dunia akibat terjangkit COVID-19. Ini menjadi begitu berat ketika kehilangan orang terkasih terjadi menjelang Lebaran Idul Fitri.

Karena biasanya, orang-orang terkasih berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri. Kita berbagi dan bermaaf-maafan. Rasanya, Idul Fitri memang momen tepat untuk memulai hari yang baru bersama mereka.

Jika kamu adalah salah satu yang ditinggalkan orang terkasih karena Corona jelang Lebaran ini, maka ini yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Menata Hati setelah Kehilangan Orang Terkasih 

Jangan Denial Soal Kesedihan

Sedih karena ditinggal sudah pasti. Kita tak perlu denial soal itu. Apalagi jika orang tersebut adalah bagian dari keluarga kita.

Namun kesedihan ini tidak bisa berlarut-larut kamu rasakan. Masih ada kehidupan yang harus kamu jalani.

Berdoa Untuknya

Kamu masih bisa mendoakan orang yang meninggalkanmu. Doakan agar mereka bahagia di kehidupan setelah kematian itu. Ini adalah satu-satunya yang bisa kamu lakukan untuk mereka.

Sayangi Orang yang Masih Ada di Dekatmu

Kematian sebetulnya mengajarkan kita bahwa waktu bersama orang terkasih bisa hilang kapan saja. Itu sebabnya, waktu tersebut harus kita gunakan sebaik mungkin dengan cara menyayangi dan berbuat baik pada mereka.

BACA JUGA: Ketika Orang Tercinta Meninggal Dunia Karena Corona

Tetap Semangat

Setelah bersedih, kamu harus kembali bersemangat. Ingat, pandemi ini harus dijalani dengan hati yang kuat karena situasi masih terasa sulit. Jadi cukupkan kesedihan kamu dengan kembali bersemangat seperti biasa.

Mencari Kesibukan Baru

Untuk menghilangkan rasa sedih yang berlarut-larut, kamu bisa memulainya dengan kesibukan baru.

Cari kegiatan positif yang tentu saja kamu bisa lakukan selama karantina di rumah. Misalnya saja mengikuti komunitas secara online, berolahraga, dan lain-lain.

BACA JUGA: Dunia Ilmiah Menguji Kekuatan Doa untuk Sembuh dari Corona 

Cek Kesehatan Secara Rutin

Karena orang terdekatmu meninggal dunia akibat Corona, maka kamu harus mengecek kesehatanmu sendiri ya.

Ingat virus ini sangat menular. Jika ada gejala yang dirasakan, segera periksakan diri ke dokter. Kemudian, jaga kesehatanmu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Untuk kamu yang kehilangan orang terkasih, semoga kembali dikuatkan ya. (Sbg/Dinda)

Comments