Masker Kain
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Penyebaran Covid-19 di Indonesia kian meningkat. Selain jumlah pasien positif corona yang terus bertambah, korban meninggal dunia akibat virus ini semakin banyak.

Hingga hari ini, Senin (6/4/2020).Virus COVID-19 tela menginfeksi  hingga hari ini telah menginfeksi 2.491 orang di Indonesia.

Lantaran itulah Presiden Joko Widodo pad Hari Senin (6/4/2020 )meminta seluruh masyarakat untuk wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah untuk wajib pakai masker,” kata Jokowi saat rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona,  Untuk itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya memastikan stok masker tersedia.

BACA JUGA: Ketika Pergi ke Kantor Terasa Bagai Ke Medan Perang

Hal Penting saat Menggunakan Masker Kain

Masker penting digunakan semua orang saat berada di luar rumah karena banyak sekali ancaman dapat terpapar virus.

Hal ini seiring dengan imbauan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

Masker yang digunakan masyarakat tak harus masker medis atau masker bedah, melainkan dapat memakai masker kain, di mana disarankan terdiri dari tiga lapis.

Adapun masker bedah atau masker N95 wajib dikenakan para tenaga kesehatan.

Nah, agar masker dapat berfungsi seoptimal mungkin untuk menangkal virus Corona, lakukanlah beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagumu
  2. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu
  3. Kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.
  4. Hindari menyentuh masker kain saat sedang dipakai. Jika ingin memperbaiki posisi masker kain yang berubah atau longgar,
  5. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.
  6. Saat kamu menggunakan Penggunaan masker kain disarankan tidak melebihi empat jam.
  7. Setelah selesai digunakan, lepaskan masker kain dengan hanya menyentuh tali pengait atau pengikatnya,
  8. Segera cuci masker kain dengan air bersih dan deterjen atau rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat Celsius.
  9. Ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

BACA JUGA: Gaes, Hindari Sederet Perilaku Covidiot Berikut Ini 

Tetap Jaga Jarak

Lewat seruan wajib mengenakanmasker diharapkan dapat menekan laju penyebaran virus, masyarakat tetap diminta untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 hingga 2 meter.

Selain itu, masyarakat diminta tetap tinggal di rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Meski pemerintah pusat belum menyampaikan sanksi atau denda bagi warga yang tidak memakai masker, beberapa kota di Indonesia telah menerapkan sanksi bagi para warganya yang ketahuan tidak mengenakan masker di ruang publik.

Di Jakarta, bagi para pengguna sarana transportasi umum TransJakarta dan MRT yang tidak memakai masker saat di stasiun/halte maupun kereta dan bis, maka tidak akan dilayani. (Sbg/Rig)

Comments